get app
inews
Aa Read Next : Dukungan Warga Cirebon untuk Ganjar Terus Mengalir, Heru Subagia : Jagoannya Layak Didukung & Menang

IKPM Gontor Cabang Cirebon Keluarkan Ijtihad Dukung Paslon Anies - Imin

Minggu, 04 Februari 2024 | 20:54 WIB
header img
Tajammu’ Tokoh Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor Cirebon menyatakan dukungannya kepada pasangan Capres Nomor Urut 1 yakni Anies-Amin. Foto : Istimewa

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id - Tajammu’ Tokoh Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor Cirebon menyatakan dukungannya kepada pasangan Capres Nomor Urut 1 yakni Anies-Amin.

Dukungan terhadap Capres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dinyatakan dalam sebuah Ijtihad, melihat situasi dan kondisi Bangsa Indonesia saat ini. 

Selain itu, alumni yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pondok Pesantren Modern (IKPM) Gontor Cirebon meminta para relawan dan simpatisan untuk mengawal pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu yang dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Menurut pengurus IKPM Gontor Cirebon, Imam Nurkhalis, deklarasi ini sesuai dengan Hasil Tajamuk (pertemuan) Alumni Gontor, Pengurus IKPM se-Indonesia, Ketua Ketua Forum Gontor, bahwa Kepemimpinan (ulul amr) adalah amanah yang harus diberikan kepada yang pantas menerimanya, yaitu yang bisa berbuat adil kepada manusia (QS. al-Nisa: 58), yang pantas untuk ditaati dan dipatuhi (QS. al-Nisa: 59). 

“Pemimpin adalah orang-orang yang jika diberi Allah kedudukan di bumi, mereka melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan menyuruh berbuat yang makruf dan mencegah dari yang munkar (QS. Al-Hajj: 41),” katanya, Ahad (4/2/2024).

Ia menyatakan, perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia selama 78 tahun Kemerdekaan belum benar-benar dapat mewujudkan cita-cita bangsa yang tertuang dalam Pancasila serta UUD 1945, khususnya dalam mewujudkan Sila Ketuhanan, Sila kemanusiaan, Sila persatuan dan Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

“Pelaksanaan sila keempat Pancasila, yang menekankan permusyawaratan perwakilan, telah dirasuki paham demokrasi liberal, sehingga membuka peluang bagi kaum oligarki ekonomi untuk mengatur pemimpin yang sesuai dengan kepentingan oligarki tersebut,” imbuhnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut