get app
inews
Aa Read Next : 5 Langkah Mudah Bayar Shopee Pakai DANA

15 Tips agar Online Shop Ramai, Dijamin Langsung Kebanjiran Pembeli

Rabu, 13 Desember 2023 | 15:43 WIB
header img
Ilustrasi online shop. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Tips agar online shop ramai ini berguna buat kamu yang sedang atau akan memulai usaha secara online. Tak sedikit masyarakat yang ingin memulai jualan online di berbagai platform atau e-commerce. Sebab, peluang jualan online cukup menjanjikan dengan modal yang tak terlalu banyak.

Meski terlihat sederhana, berjualan online nyatanya memiliki berbagai tantangan. Oleh sebab itu, butuh persiapan dan perencanaan yang matang. Ikuti tips dan trik berikut ini agar online shop kamu selalu ramai pembeli.

15 Tips agar Online Shop Ramai

1. Tentukan Jenis Toko dan Target Pasar 

Tips agar online shop ramai pertama yaitu sebelum membuka toko online, kamu harus menentukan jenis toko online apa yang akan kamu buat, barang yang akan dijual, target pasar, kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan tokomu, metode apa saja yang kamu sediakan untuk pembeli, dan yang paling penting di mana saja pembeli bisa menemukan produk yang kamu jual. 

Mulailah secara perlahan dan bertahap sambil membangun kepercayaan konsumen.

2. Bergabung ke Marketplace atau Bikin Website Sendiri 

Bergabunglah ke marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan lainnya agar produkmu semakin banyak dilihat orang. 

Marketplace ini ada yang berbayar ada juga yang gratis, pilihlah yang sesuai dengan keinginan dan budget kamu. Membuat toko online juga bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan penyedia website gratis atau membayar jasa web developer dan membeli nama domain sendiri.

3. Lengkapi Informasi Produk yang Kamu Jual 
 
Informasi yang lengkap sangat membantu konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Kamu bisa mencantumkan spesifikasi produk, lalu kontak lengkapmu termasuk email, nomor yang dapat dihubungi, dan lain-lain.

4. Menjual Produk yang Unik 

Dalam sebuah platform, biasanya akan ada banyak kompetitor yang menjual produk serupa. Maka dari itu, usahakan produk yang akan dijual memiliki keunikan yang tidak dimiliki para kompetitor. Selain unik, produk yang kamu jual akan terjual dengan cepat jika sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

5. Foto Produk Secara Profesional 

Namanya belanja online, hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli adalah foto produk. Perlihatkan produk yang dijual, jangan pernah pakai foto dengan resolusi rendah yang buram dan pecah. Profesional disini, kamu tidak perlu memotret dengan menggunakan jasa fotografer profesional, yang penting kualitas fotonya cukup bagus untuk dilihat.

6. Gunakan Model 

Adanya model terbukti dapat meningkatkan nilai jual dalam iklan. Tidak perlu model yang mahal dan terkenal, bisa juga teman, keluarga atau kenalan kamu, yang penting wajahnya fotogenik dan bisa mewakili produk yang diiklankan.

7. Gunakan Akun Media Sosial sebagai Channel Pemasaran  

Buat akun media sosial untuk membantu pemasaran produk yang kamu jual. Hal ini penting mengingat pengguna media sosial di Indonesia besar sekali, terutama Facebook, Instagram dan Twitter. Semakin banyak channel yang bisa diakses oleh calon pembeli, semakin banyak pula pengunjung tokomu. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut