get app
inews
Aa Read Next : Fakta Menarik Batik Trusmi, Berawal dari Tumbuhan yang Ditebang Tumbuh Lagi, Lahirlah Nama Trusmi

Kisah Sukses Ibnu Riyanto, Pemiliki Batik Trusmi yang Berjaya di Usia Muda, Pecahkan Rekor MURI

Kamis, 23 November 2023 | 14:21 WIB
header img
Ibnu Riyanto pengusaha batik asal Cirebon. Foto: Dok pribadi

CIREBON, iNewsCirebon.id - Kisah Sukses Ibnu Riyanto. Sebagai pengusaha batik, Ibnu Riyanto asal Cirebon, Jawa Barat, terbilang sukses di usia muda. Di usia 30 tahun, dia mendapatkan berbagai macam penghargaan dan pencapaian dalam usaha yang dimilikinya.

Kisah Sukses Ibnu Riyanto

Ibnu Riyanto memulai usaha pada tahun 2006 ketika masih berusia 17 tahun, hingga kini Ibnu Riyanto dikenal sebagai pengusaha batik terkenal. Kesuksesannya pun dibuktikan dari banyaknya penghargaan pada usaha batiknya. 

Yang menjadikan dia sangat terkenal karena Ibnu Riyanto mendapatkan penghargaan berkesan dari Museum Rekor Indonesia atau rekor MURI yang menyatakan Ibnu Riyanto sebagai pemilik toko batik terbesar dan terluas dengan usia termuda (saat itu berusia 23 tahun).

Untuknya, usia muda menjadi kesempatan untuk bisa terus menerus melakukan dan mengembangkan kemampuan diri untuk bisa mendapatkan yang belum bisa dicapai. 

Walaupun Ibnu Riyanto berasal dari keluarga pembatik, Ibnu merintis usahanya sendiri dari bawah, Ibnu Riyanto membangun usaha dengan cara menjadi suplier kain mori, kain mori adalah bahan baku batik yang berupa kain putih.

Bermodalkan 15 juta, Ibnu mencoba menawarkan kain mori kepada pengrajin-pengrajin batik di desa Trusmi Kabupaten Cirebon. 

Ibnu Riyanto mencoba memanfaatkan ruang tamu dirumahnya orang tuanya untuk menjadikan tempat menjual batik, bahkan Ibnu Riyanto menggunakan strategi door to door dari satu toko ke toko lain di kota Jakarta, Bandung, dan kota lainnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut