get app
inews
Aa Read Next : Cirebon Dilanda Banjir: 20.000 Rumah di 9 Kecamatan Terendam, 83.000 Jiwa Terdampak

Fakta Menarik Batik Trusmi, Berawal dari Tumbuhan yang Ditebang Tumbuh Lagi, Lahirlah Nama Trusmi

Jum'at, 24 November 2023 | 19:54 WIB
header img
Kampung Batik Trusmi merupakan jantung produksi batik. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Fakta menarik batik trusmi yang merupakan salah satu batik yang terkenal di Indonesia. Kampung Batik Trusmi merupakan jantung produksi batik Cirebon. Ada lebih dari seribu perajin batik yang bekerja setiap hari.

Batik Trusmi lahir di sebuah daerah yang terdapat banyak tumbuh-tumbuhan, kemudian warga setempat menebang tumbuhan tersebut. Namun setelah ditinggalkan sebentar, tumbuhan itu tumbuh kembali. Berawal dari fenomena inilah tanah tersebut dinamakan Trusmi yang merupakan singkatan dari kata ‘terus bersemi’.

Fakta Menarik Batik Trusmi  

Trusmi aslinya adalah nama makam penyebar Islam. Letak makam Mbah Trusmi tidak terlalu jauh dari akses utama menuju kawasan batik Trusmi di Cirebon. Gerbangnya berupa gapura dan tembok yang mengelilingi kompleks makamnya, disusun dari batu bata merah.Di atas gapura tertulis "Masjid Kramat Buyut Trusmi".

Mbah Trusmi adalah penyebar ajaran Islam di Cirebon bersama dengan Sunan Gunung Jati. Di sela-sela menyebarkan ajaran agama tersebut, Mbah Trusmi membatik dan menjadikannya sebagai media berdakwah. Kebiasaan ini pun diikuti oleh murid-muridnya. Hingga akhirnya semua murid dan keluarganya yang bermukim di kampung tersebut membatik.

Batik Trusmi Cirebon secara umum dibagi menjadi dua motif. Pertama, motif keratonan yang diambil dari ornamen-ornamen keraton, baik dari unsur bangunan maupun benda-benda yang ada di sekitar keraton. Warnanya cenderung pada sogan dan babar mas.


Batik Trusmi

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut