get app
inews
Aa Read Next : Cirebon Dilanda Banjir: 20.000 Rumah di 9 Kecamatan Terendam, 83.000 Jiwa Terdampak

Tradisi Memayu Buyut Trusmi, Ritual yang Menjadi Ajang Silaturahmi

Rabu, 22 November 2023 | 11:58 WIB
header img
Tradisi Memayu Buyut Trusmi menjadi ragam kegiatan tradisi yang ada di kota Cirebon. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Tradisi Memayu Buyut Trusmi menjadi ragam kegiatan tradisi yang ada di kota Cirebon. Ritual ini disaksikan oleh Warga di seluruh Desa Trusmi Kabupaten Cirebon yang memadati jalan utama desa. Mereka dengan ramai berdesakan untuk melihat tradisi Memayu Buyut Trusmi Cirebon.

Sesepuh Desa Trusmi Kulon Kabupaten Cirebon KH. Tony Syach mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan setiap tahun dan tidak sekadar menjalankan tradisi saja. Memayu Buyut Trusmi Cirebon memiliki banyak makna didalamnya, salah satunya mempererat tali silaturahmi antar warga.

"tidak hanya warga sekitar, bahkan ada warga dari desa lain yang rela datang dari jauh ke sini, ada yang sekedar berdoa ataupun menonton. Dengan acara ini, Mereka bertemu satu sama lain dan terjadilah silaturahmi yang besar di desa ini," kata Tony Syach, Minggu (20/10)

Warga sudah memadati jalan di desa sejak pagi hari dan jalan itu merupakan pusat kerajinan batik. Para warga yang datang menanti arak-arakan yang dipamerkan oleh warga desa maupun kelompok masyarakat lainnya.

Panitia juga sudah menyiapkan bergram aneka makanan yang tersedia di kompleks makam Buyut Trusmi Cirebon. Makanan yang disajikan akan dibagikan kepada warga yang datang untuk dimakan bersama usai arak-arakan.

"Di komplek makam tersedia sangat banyak jenis makanan, sehari sebelum dimulai ritualnya, para warga sekitar sudah mengirimkan makanan ke sini. Jadi warga sekitar tak perlu khawatir kehabisan makanan," ujar dia.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut