get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

Kisah Syekh Magelung Sakti, Panglima Perang yang Harum Namanya di Tanah Cirebon

Sabtu, 18 November 2023 | 12:37 WIB
header img
Kisah Syekh Magelung Sakti, seorang panglima perang Sunan Gunung Jati Cirebon yang dikenal gagah dan sakti. Foto: Ilustrasi

CIREBON, iNewsCirebon.id - Kisah Syekh Magelung Sakti, seorang panglima perang Sunan Gunung Jati Cirebon yang dikenal gagah dan sakti. Syekh Magelung Sakti yang namanya sangat dikenal di tanah Cirebon karena kiprahnya sebagai seorang panglima perang yang sangat disegani musuh-musuhnya.

Syekh Magelung Sakti merupakan ulama sekaligus murid Sunan Gunung Jati Cirebon yang memiliki penampilan khas. Ada sejarah panjang Syekh Magelung Sakti menjadi murid sekaligus panglima Sunan Gunung Jati Cirebon. Yuk simak kisahnya berikut ini. 

Kisah Syekh Magelung Sakti

Syekh Magelung Sakti, seorang ulama, murid, sekaligus panglima perang. Berdasarkan kitab Babad Cirebon Syekh Magelung Berasal dari negeri Syam di Syiria, beliau adalah putra dari Sayyid Abdurrahman Ar Rumi bin sayyid Ahmad bin Sayid Barakat Zainul Alam.

Konon dikisahkan rambut Syekh Magelung tidak bisa dipotong oleh apapun dan oleh siapapun sehingga rambut nya menjuntai panjang hingga menyentuh tanah, karena itulah Syekh Magelung selalu menggulung atau menggelung rambutnya dan dari situlah beliau dijuluki dengan nama Syekh Magelung.

Selain itu, beliau juga memiliki banyak julukan diantaranya Syekh Magelung Sakti alias Pangeran Syarif Syam alias Pangeran Soka alias Pangeran Karang Kendal alias Mamak Gelung alias Rama Gelung alias Pangeran Rama Gelung alias Pangeran Gelung.

Ketika berusia 7 tahun Syekh Magelung digolongkan sebagai anak yang jenius karena memiliki banyak ilmu. Karena hal itu dia dijuluki sebagai sufi cilik dan menyebabkan dirinya menjadi rebutan di kalangan para guru dan ulama di wilayah Timur Tengah.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut