get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Kota Cirebon, Bos Media Suhendrik Resmi Daftar Bacalon Walikota Cirebon dari PDI Perjuangan

Walikota Cirebon Mendatang Punya Banyak PR, Cirebon Nagari Institut Beri Masukan ke Eti Herawati

Selasa, 14 November 2023 | 09:12 WIB
header img
Tim The Leader Podcast dari Caruban Nagari Institut bersilaturahmi dengan Plt Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati, di ruang kerja Gedung Balaikota Cirebon. Foto : Riant Subekti / iNews Cirebon

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Tim The Leader Podcast dari Caruban Nagari Institut bersilaturahmi dengan Plt Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati, di ruang kerja Gedung Balaikota Cirebon, Senin (13/11/2023).

Dalam kesempatan itu banyak yang didiskusikan terkait Kota Cirebon ke depan. Salahsatunya, membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) berkualitas dan kompeten. Termasuk membahas tentang sosok ideal Wali Kota Cirebon ke depan.

Direktur Caruban Nagari Institut, H. Yoyon Indrayana, mantan pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon, mengatakan, melihat kondisi saat ini, pemimpin Kota Cirebon memiliki banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Seperti, melakukan perbaikan atau reformasi birokrasi yang amburadul, dalam upaya mengembalikan birokrasi agar memiliki integritas dan etos kerja yang baik.

"Bagaimana pun, sistem birokrasi saat ini harus diperbaiki. Sehingga dapat terwujud integritas dan etos kerjanya," kata Yoyon 

Selain itu, lanjutnya, perlu adanya inovasi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena masih banyak potensi sumber PAD yang belum dimaksimalkan.

"Inovasi untuk meningkatkan PAD itu karena Kota Cirebon tidak memiliki sumber dana lain, untuk dapat membiayai pembangunan daerah," ujarnya.

Mengatasi kondisi tersebut, menurutnya, selain mengandalkan PAD yang ada, sudah seharusnya pemimpin Kota Cirebon lebih intensif mencari anggaran ke pemerintah pusat untuk membiayai pembangunan, karena anggaran kota yang terbatas.

"Wali Kota harus aktif mencari jejaring untuk mencari anggaran dari pemerintah pusat melalui APBN. Sehingga, pembangunan tidak hanya tergantung dengan APBD yang terbatas," tegasnya.

Tugas Wali Kota lainnya, ungkap Yoyon, harus meningkatkan pelayanan publik, agar lebih efektif dan efisien. "Perhatian terhadap pelayanan publik harus diutamakan agar dirasakan mudah dan nyaman oleh masyarakat," ungkapnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut