get app
inews
Aa Read Next : Misteri Ular Raksasa Penjaga Belantara Kalimantan yang Penampakannya Bikin Heboh Media Asing

Mengenal Pasukan Merah Dayak, Pasukan Elite yang Kebal Sanjata Tajam dan Cinta NKRI

Kamis, 27 Januari 2022 | 11:22 WIB
header img
Pasukan Dayak Merah Kalimantan, beranggotan ribuan orang, adalah pasukan elit Dayak yang memiliki kemampuan magis seperti kebal senjata tajam dan bisa berkomunikasi dengan arwah leluhurnya. (Foto: Ist)

Dia berasal dari Toho Kabupaten mempawah Tepatnya di Desa Sambora, Kalimantan Barat, Indonesia. Lahir dengan nama Agustinus Jilah.

Panglima Jilah yang menjadi simbol perjuangan masyarakat adat di bumi Borneo dalam mencari keadilan di tanah leluhurnya ini lahir pada 19 Agustus 1980, di Desa Sambora, Mempawah Hulu, Kabupaten Landak.

Panglima Jilah adalah seorang anak keturunan Panglima juga. Kakek dari Panglima Jilah ini merupakan seorang panglima di zaman kerajaan dulunya. Walaupun tidak memiliki postur tubuh yang tinggi besar.

Panglima Jilah memiliki semangat juang dan keberanian yang luar biasa besar dalam memperjuangkan hak-hak kaumnya di tanah adat leluhur.

Banyak hal yang dia perjuangkan Panglima Jilah, salah satunya menyatukan Bangsa Dayak atau Suku Dayak se-Tanah Kalimantan. Dengan modal tekad, dan kemauan yang tinggi dia mampu menyatukan Suku Dayak se-Tanah Kalimantan, hal itu yang membedakan Panglima Jilah dengan panglima sebelumnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut