get app
inews
Aa Read Next : Polres Ciko Siagakan 1 Kompi Dalmas, Antisipasi Bentrok Pemuda Terulang

Komitmen Jaga Adat Budaya, Kuwu Rawin : Ini Sebagai Ajang Pemersatu Masyarakat

Senin, 30 Oktober 2023 | 16:56 WIB
header img
Rawin, Kuwu Desa Sirnabaya Komitmen jaga adat dan budaya sebagai ajang pemersatu masyarakat. Foto : Riant Subekti

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id - Desa Sirnabaya, Kecamatan GunungJati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Salah satu desa yang masih merawat dan memelihara warisan leluhur bersama nilai nilai luhur yang masih dijumpai ditengah masyarakat. 

Tentunya sebagai upaya penghormatan kepada leluhur, Pemerintah Desa Sirnabaya menggelar Acara Adat Ngunjung Desa dan Sedekah bumi, pada, Sabtu (29/10/2023). 

Sirnabaya sendiri adalah sebuah nama yang diberikan langsung oleh Sang Proklamator Soekarno, dari nama semula yaitu Singapura. 

Nama Singapura sendiri adalah bagian dari sejarah Nyai Ratu Subang ranjang Sang permaisuri Padjadjaran atau istri dari Amanah Rasa atau yang bergelar Prabu Siliwangi. 

Layaknya penghormatan atas jasa jasa pendahulu, tentunya ngunjung adat Desa Sirnabaya ini bagian penting pembentukan karakter dan jati diri masyarakat. 

" Ngunjung Desa Sirnabaya pada tahun kali ini terasa begitu istimewa, dimana ribuan masyarakat mengikutinya begitu antusias, dari beberapa kegiatan yang sudah diagendakan pihak panitia, ini sebagai ajang pemersatu masyarakat" ujar Rawin, Kuwu Desa Sirnabaya, Kecamatan GunungJati, Kabupaten Cirebon. 

Rangkaian panjang kegiatan ngunjung Desa Sirnabaya dimulai dari berziarah ke makam leluhur serta berkeliling dengan membawa benda pusaka warisan leluhur ke sejumlah tapal batas desa setempat dengan diikuti segenap lapisan masyarakat. 

Panitia ngunjung adat Desa Sirnabaya juga memberi ruang terhadap segenap anak anak muda untuk mengekspresikan karya seni dalam wadah arak arakan ogoh ogoh berkeliling desa. 

Bahkan kegiatan tersebut juga diikuti oleh Desa tetangga, yaitu oleh Desa Sambeng sebagai desa pemekaran dari Desa Sirnabaya sebagai ajang pemersatu. 

Ditempat yang sama, Abdul Ajib,Camat GunungJati, Kabupaten Cirebon mengapresiasi atas digelarnya acara Ngunjung Desa Sirnabaya tersebut, tentunya kegiatan tersebut selain sebagai langkah menjaga warisan leluhur, juga sebagai ajang pemersatu masyarakat. 

" Ini sebagai motivasi bagi kita semua, dengan menjaga adat dan tradisi, kita bisa membangun Kabupaten Cirebon dengan persatuan dan kesatuan " tukasnya. 

Adapun kegiatan Ngunjung Desa Sirnabaya sendiri dimulai dengan berziarah kesejumlah makam leluhur, situs, Festival ogoh ogoh, pagelaran Wayang Kulit, Pagelaran Sandiwara, serta ditutup dengan doa bersama di balai desa setempat. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut