get app
inews
Aa Read Next : 8 Fakta Unik Kampung Cireundeu yang Masih Mempertahankan Adat dan Budaya

5 Wisata Budaya di Gegesik Kulon, Melestarikan Budaya Sambil Berwisata

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 09:38 WIB
header img
Wisata budaya di Gegesik Kulon merupakan salah satu destinasi wisata berupa desa yang menonjolkan nilai budaya dan juga sebagai media edukasi bagi masyarakat. Foto: Instagram/@rifaldirigo22

CIREBON, iNewsCirebon.id - Wisata budaya di Gegesik Kulon merupakan salah satu destinasi wisata berupa desa yang menonjolkan nilai budaya dan juga sebagai media edukasi bagi masyarakat. 

Desa yang penuh keasrian ini terkenal akan sebagian besar warganya yang berprofesi sebagai seniman, pengrajin, wirausaha, dan petani. 

Terdapat ragam kesenian yang dilestarikan hingga banyak generasi muda yang mempelajari kesenian di desa ini. Produksi kuliner dan seni rupa pun beragam, seperti ukiran kayu, sungging wayang, ukir topeng, kriya kendang, dan lukisan kaca. 

Desa wisata Gegesik Kulon pernah mendapatkan penghargaan dalam daftar 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di tahun 2021. Lalu apa saja wisata budaya yang dapat kita lakukan di Gegesik Kulon? 

Wisata Budaya di Gegesik Kulon

Edukasi Budaya Lokal, Ukir Kayu Jati

Di Wisata Budaya Gegesik Kulon, kamu bisa melihat aneka ukiran kayu yang ciamik dan keren banget, lho. Kayu yang digunakan sebagai bahannya pun berkualitas, yaitu dari kayu jati. Tak hanya bisa melihat prosesnya, kamu juga bisa belajar bagaimana mengukir kayu yang estetik di tempat ini. 

Melihat Pembuatan Wayang Kulit Tatah Sungging 

Selain kerajinan ukiran kayu, produk kebudayaan khas dari Gegesik Kulon yang masih terjaga kelestariannya adalah wayang kulit tatah sungging. Bisa dibilang wayang kulit ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Gegesik Kulon.

Para pengrajin disini memiliki banyak murid dan juga mau mengajarkannya kepada para pengunjung, mulai dari mengolah bahan dasar kulit kerbau, menatah, menyungging, dan seterusnya. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut