get app
inews
Aa Read Next : Sertijab Polres Ciko, IPTU Suganda Pimpin Polsek Kesambi

Dituduh Inses, Ini Kisah Tragis Ratu Anne, Ibu Kandung Ratu Elizabeth yang Mati Dipenggal

Rabu, 13 September 2023 | 19:21 WIB
header img
Anne Boleyn Foto: Wikipedia

Bagaimana Anne Boleyn meninggal? 

Anne dan 5 terdakwa lainnya dijatuhi hukuman gantung, ditarik dan dipotong, namun raja meringankan hukuman tersebut dengan pemenggalan kepala yang dilakukan oleh Hangman of Calais, yang dikenal keahliannya menggunakan pedang eksekusi.

Sejarah 19 Mei: Istri Kedua Raja Henry VIII, Anne Boleyn, Dihukum Mati
George Boleyn, Henry Norris, Francis Weston, William Brereton dan Mark Smeaton dieksekusi di Tower Hill pada 17 Mei 1536. Sementara itu Thomas Wyatt seorang penyair yang sedang dipenjara di tempat yang sama melihat eksekusi mereka dari Menara Lonceng.

“Itu menempel di kepalaku siang dan malam,” ujar Wyatt. Ia juga menulis bagaimana “hari–hari berdarah” yang telah menghancurkan hatinya dan mengatakan bahwa keadilan hukuman Tudor benar dilakukan.

Hari yang sama, Uskup Agung Thomas Cranmer mengumumkan pembatalan pernikahan Anne dan Henry VIII.

Sebelum hari eksekusinya tiba, Anne mempersiapkan dirinya dengan membuat pengakuan terakhir dan merayakan Misa di depan William Kingston, polisi di Menara London.

Dalam laporannya kepada Raja Kekaisaran Romawi Suci, Charles V, Chapuys menyebutkan bahwa Anne bersumpah tidak melakukan kesalahan sedikitpun sejauh yang diketahui suaminya.

Berdandan untuk hari eksekusinya 

Pada 19 Mei 1536 pagi, Anne keluar dari apartemennya di menara istana didampingi oleh William Kingston. Anne sangat memperhatikan penampilannya untuk hari eksekusinya, Ia memakai tudung tradisional Inggris dengan hiasan kepala yang menutupi rambutnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut