get app
inews
Aa Read Next : Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kota Cirebon Tahun 2023

Monumen Pensil Kota Cirebon, Saksi Proklamasi dalam Karya Syahrir, Diusung 15 Agustus 1945

Kamis, 17 Agustus 2023 | 14:31 WIB
header img
Pelaksanaan refleksi prakemerdekaan di Tugu Proklamasi, perempatan Jalan Siliwangi-Kartini-Kolektor, Kota Cirebon. Foto: iNews/Miftahudin

CIREBON, iNews.id - Tugu Pensil atau Tugu Proklamasi yang berdiri di perempatan Jalan Siliwangi-Kartini-Kolektor, Kelurahan Kebonwaru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, telah menjadi saksi bisu dari perjuangan bangsa.

Di tempat ini, pada tanggal 15 Agustus 1945, teks proklamasi kemerdekaan versi Sutan Syahrir dikumandangkan.

Dalam rangka mengenang momen bersejarah dan menghormati jasa para pahlawan, berbagai kelompok masyarakat termasuk veteran, pemuda, dan anggota organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kota Cirebon, telah mengadakan acara refleksi kemerdekaan di Tugu Proklamasi pada hari Selasa, tanggal 15 Agustus 2023.

Selama acara tersebut, para peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Beberapa tokoh memberikan pidato tentang peristiwa bersejarah pembacaan teks proklamasi versi Sutan Syahrir.

Sejarah mencatat, Tugu Pensil menjadi saksi bisu dari kemerdekaan Cirebon yang lebih awal daripada Jakarta, dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Sutan Syahrir.

Pada tanggal 15 Agustus 1945, tokoh nasional dr. Soedarsono, yang pada saat itu merupakan seorang dokter di Rumah Sakit Orange (sekarang RSUD Gunungjati), secara resmi memproklamirkan kemerdekaan Indonesia setelah Jepang dikonfirmasi menyerah kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut