get app
inews
Aa Read Next : Wow!! Kota Cirebon Bakal Menggelar Cirebon Festival 2024, Catat Tanggal & Tempatnya

Intip Kisah Inspiratif Toto Surakhman Pengusaha Muda Cirebon Tertarik Dipanggung Politik

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 21:25 WIB
header img
Toto Surakhman Sosok Pengusaha Meubel Muda asal Kabupaten Cirebon, daftarkan diri sebagai bacaleg Partai Golkar. Foto : Riant Subekti

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id - Di Indonesia, ada banyak pengusaha sukses yang berhasil menjalankan bisnisnya di usianya yang masih muda. Dengan usaha, kerja keras, pantang menyerah, keuletan, serta tekad yang kuat, menjadi beberapa faktor yang membuat para pengusaha muda ini mencapai kesuksesan.

Hal ini juga yang dilakukan oleh Toto Surakhman (39) warga Desa Pangkalan, Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon,yang sukses menjadi pengusaha meubel dan anyaman rotan dengan omzet ratusan juta rupiah. 

Ang Toto, Sapaan akrabnya merupakan pemilik dari perusahan meubel Adha Jaya Furniture beralamat di Desa Tegalsari, Kecamatan Weru tersebut, terbilang suskes memulai bisnisnya semenjak tahun 2016 silam, produk produknya banyak mengisi properti di kafe kafe ternama, resto, garden, hotel, bahkan bandara Internasional. 

" Sebelum terjun ke dunia meubel dan rotan, saya pernah menjadi sales marketing di dunia otomotif salah satu merk terkenal, hingga di tahun 2016 saya memulai bisnis meubel hingga sekarang" kata Ang Toto pada sejumlah media, Jumat (4/8/2023). 

Memanfaatkan platform media sosial dan marketplace, Ang Toto mampu memasarkan produknya hingga bisa menjalin relasi bisnis di luar Cirebon, seperti ke Makasar, Manado, Kalimantan bahkan sudah merambah ke Sentani Papua. 

" untuk pemasaran produk dari Adha Jaya Furniture tersebut kita manfaatkan pasar online seperti di Shopee, Bukalapak dan Lazada, selain itu juga kita menjalin relasi bisnis" terangya. 

Dari bisnis didunia meubel tersebut, Kang Toto mampu mempekerjakan masyarakat sekitar dan memiliki 50 karyawan dengan masing masing keahlian. 

" Alhamdulillah saya dapat memperkerjakan kurang lebih 50 warga sekitar sebagai karyawan dengan keahlian masing masing, seperti pengelasan, perkayuan hingga anyaman " tuturnya. 

Kesuksesan tersebut tidak lepas dari dorongan kedua orang tua dan keluarga, terutama ayah handa tercintanya yang selalu mendorong kesuksesannya dimasa muda. 

" Suport sistem saya ada pada doa kedua orang tua dan keluarga, terutama dorongan papa saya yang membuat saya mampu melewati masa masa sulit" tutur ang Toto dengan gayanya yang kalem. 

Terbilang sukses di dunia bisnis, tidak lantas menjadikannya puas, dengan pengalaman keorganisasian yang dimilikinya , Kang Toto meberanikan diri terjun di dunia politik dengan mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPRD melalui salah satu partai politik di Kabupaten Cirebon. 

" Saya sekarang tercatat sebagai bakal calon anggota dewan Kabupaten Cirebon melaui Partai Golkar " sebutnya. 

Pilihannya turun ke dunia politik tidak lepas dari keinginannya memperjuangkan UMKM dan membuka keran keran lapangan pekerjaan untuk masyarakat. 

" Sebagai pengusaha kita itu hanya bisa bantu 1-50 orang saja, tapi kalau kita masuk parpol dan terpilih menjadi anggota dewan kita bisa membantu orang lebih banyak,dengan merealisasikan janji dan program politik kita, dengan membuka lowongan perkerjaan sebanyak mungkin ”tukas ang Toto, disela- sela kesibukannya. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut