get app
inews
Aa Read Next : Sebanyak 3.992 P3K Kabupaten Cirebon Resmi Dilantik, Nakes dan Guru Paling Banyak

Covid-19 Melonjak, DPR Minta Kemenkes Rekrut Relawan Nakes

Rabu, 07 Juli 2021 | 12:05 WIB
header img
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id – DPR RI meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk membuka pendaftaran relawan Tenaga Kesehatan khusus menangani lonjakan pasien Covid-19 beberapa waktu terakhir.

“Kemenkes harus segera membuka pendaftaran relawan untuk menangani pasien Covid-19. Caranya, bisa dilakukan melalui kerja sama dengan kampus-kampus kesehatan di berbagai daerah,” ujar Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/7/2021).

“Mereka (mahasiswa) harus dilatih terlebih dahulu sebelum diterjunkan ke lapangan. Semester akhir sudah mempunyai kemampuan dasar dalam menangani pasien,” kata Muhaimin.

Selain membuka relawan untuk tenaga medis, lanjutnya, pemerintah juga diminta untuk membuka perekrutan relawan supir ambulan dan penggali kuburan.

“Di beberapa rumah sakit juga tak kalah penting adalah supir ambulan. Ini harus diperbanyak agar penjemputan pasien Covid-19 terutama yang kritis bisa tertangani dengan baik dan cepat,” jelas politisi Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Sebagaimana diketahui tenaga medis baik dokter maupun perawat di berbagai rumah sakit sudah kewalahan menangani pasien Covid-19. Bahkan angka kasus harian Covid-19 di Indonesia pada Selasa (6/7/2021) kemarin sebanyak 31.189 kasus merupakan rekor tertinggi.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut