get app
inews
Aa Read Next : OJK Siap Memitigasi Dampak Konflik Timur Tengah

OJK Cirebon : Jasa Keuangan di Ciayumajakuning Tunjukan Trend Positif

Senin, 26 Juni 2023 | 17:38 WIB
header img
Kepala OJK Cirebon Mohammad Fredly saat Bertemu Sejumlah Awak Media di Kantor OJK Cirebon. Foto : Riant Subekti

Kinerja intermediasi BPR yang tercermin dari penyaluran kredit meningkat 28,62 persen yoy menjadi Rp2,51 triliun. Kinerja DPK juga meningkat sebesar 17,05 persen yoy atau menjadi Rp2,38 triliun di periode yang sama.

Peningkatan kredit dan DPK menunjukan bahwa kondisi perekonomian di Ciayumajakuning sedang menuju recovery setelah pandemi COVID-19," Kepala OJK Cirebon, Mohammad Fredly Nasution, dalam siaran pers Senin, (26/6/2023) 

Dari sisi permodalan yang dicerminkan oleh Capital Adequacy Ratio (CAR), imbuh dia, masih terjaga dengan baik dengan CAR BPR per April 2023 sebesar 21,08 persen.

Namun demikian, OJK Cirebon terus mencermati profitabilitas BPR di Ciayumajakuning yang mengalami penurunan, tercermin dalam rasio Return on Asset (ROA) sebesar negatif 2,58 persen. OJK Cirebon juga terus mendorong agar BPR lebih efisien dalam menjalankan kegiatan usahanya serta mengedepankan tata kelola yang baik, sehingga Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Non Performing Loan (NPL) dapat menurun.

Sementara itu, kinerja intermediasi per April 2023 untuk Kantor Cabang Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) di Ciayumajakuning yang terdiri atas Perusahaan Pembiayaan dan Perusahaan Modal Ventura cukup baik.

Indikasinya yakni adanya peningkatan outstanding piutang pembiayaan sebesar Rp5,77 triliun atau meningkat 6,42 persen yoy, dan outstanding piutang modal ventura sebesar Rp303,86 miliar atau meningkat 17,42 persen yoy.

"Profil risiko Kantor Cabang Perusahaan Pembiayaan cukup terjaga dengan nilai Non Performing Financing (NPF) sebesar 3,03 persen. Namun, profil risiko Kantor Cabang Perusahaan Modal Ventura sedikit lebih tinggi dengan nilai NPF sebesar 5,26 persen," pungkas Fredly

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut