get app
inews
Aa Read Next : OJK Siap Memitigasi Dampak Konflik Timur Tengah

OJK Cirebon : Jasa Keuangan di Ciayumajakuning Tunjukan Trend Positif

Senin, 26 Juni 2023 | 17:38 WIB
header img
Kepala OJK Cirebon Mohammad Fredly saat Bertemu Sejumlah Awak Media di Kantor OJK Cirebon. Foto : Riant Subekti

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Kinerja sektor jasa keuangan di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) menunjukan trend positif. Indikatornya diantaranya dilihat dari meningkatnya pertumbuhan kredit dan parkirnya Dana Pihak Ketiga (DPK).

Di tengah kinerja perekonomian nasional yang relatif stabil, kondisi intermediasi Industri Jasa Keuangan (IJK) di wilayah Ciayumajakuning mencatatkan pertumbuhan positif pada posisi April 2023.

Hal ini tercermin dari pertumbuhan kredit baik Bank Umum yang berada di wilayah Ciayumajakuning maupun Bank Perekonomian Rakyat (BPR) masih tumbuh positif secara year on year (yoy).

Penyaluran kredit/pembiayaan Kantor Cabang Bank Umum dan Bank Umum Syariah di Ciayumajakuning per April 2023 sebesar Rp49,92 triliun atau meningkat 7,80 persen yoy dan 0,66 persen ytd. Peningkatan juga terjadi dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK), dimana DPK yang tercatat sebesar Rp40,57 triliun (April 2023) atau meningkat 1,97 persen yoy dan 0,68 persen ytd.

Pada periode yang sama, rasio profitabilitas yang dicerminkan oleh Return on Asset (ROA) masih tercatat positif sebesar 0,99 persen meskipun mengalami penurunan dibanding periode Desember 2022 sebesar 3,42 persen. Profil risiko juga masih terjaga dengan nilai NPL sebesar 2,92 persen.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut