Logo Network
Network

Sandiaga Uno Segerakan Distribusi Dana Hibah Saat PPKM

Suparjo Ramalan
.
Selasa, 06 Juli 2021 | 15:11 WIB
Sandiaga Uno Segerakan Distribusi Dana Hibah Saat PPKM
Menparekraf Sandiaga Uno akan mempercepat distribusi dana hibah pariwisata. Foto: Ist.

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, Kemenparekraf akan berkoordinasi dengan kementerian atau lembaga untuk mempercepat proses pendistribusian dan hibah pariwisata seiring dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Dana hibah ini merupakan salah satu upaya mitigasi dan keberlangsungan para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19.

"Dana hibah ini sekarang bolanya sudah bergulir, rekan-rekan kementerian/lembaga sekarang sedang memproses. Harapan kami segera bisa dirampungkan. Ini kita lakukan percepatan, dan diselesaikan hingga bisa diterima di kuartal tiga pertengahan atau akhir. Tapi dengan adanya PPKM darurat, kami mengambil keputusan untuk percepatan," kata Sandiaga dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Selasa (6/7/2021).

Dia berharap, proses validasi dapat rampung di bulan ini. Pasalnya, proses mekanisme verifikasi akan membutuhkan waktu.

"Mekanismenya, verifikasinya diharapkan terealisasi segera kepada para penerima. Belajar dari tahun lalu, karena tahun lalu sampai menunggu akhir tahun yang akhirnya sekitar 30 persen tidak terealisasi. Kita tidak ingin itu terjadi. Sebab, saat ini masyarakat paling membutuhkan, sehingga dapat kita sentuh dengan program dana hibah pariwisata maupun bantuan sosial," ujarnya.

Selain dana hibah pariwisata, Sandiaga menuturkan, Kemenparekraf juga menyiapkan bantuan lain untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, yaitu bantuan insentif pemerintah, bantuan sosial yang akan disalurkan Kementerian Sosial, maupun bantuan likuiditas lainnya.

"Bantuan sosial ini arahan bapak presiden bahwa dalam minggu ini harus segera direalisasikan dan tentunya segera ditransfer melalui rekening yang sudah disiapkan, dan ini merupakan perluasan juga dari program bantuan sosial yang sudah dijalankan," ucap Sandiaga.

Dia menjelaskan, pemerintah tengah berusaha semaksimal dalam mendistribusikan vaksin kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tercipta herd immunity. Untuk itu, Kemenparekraf berupaya percepatan pelaksanaan vaksinasi.

Di sisi lain, Sandiaga menegaskan, PPKM darurat tidak akan menghentikan pelaksanaan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di Bali, Batam dan Bintan. Dia akan terus melakukan persiapan pembukaan Bali untuk wisatawan mancanegara.

"Kami mematuhi dengan mengerem semua mobilitas, kita WFH 100 persen. Lalu untuk kegiatan work from Bali, kegiatan wisata vaksin di Bali untuk sementara ditunda dan yang tidak ditunda itu adalah persiapannya. Persiapan untuk pembukaan Bali dengan remote working. Hal-hal yang bisa dilakukan secara daring untuk persiapan pembukaan Bali terus kita lakukan," tuturnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini