get app
inews
Aa Read Next : Kota Cirebon Bakal Luncurkan 5 Destinasi Wisata Baru, Perpaduan Antara Budaya dan Sejarah

UNPAK Bogor dan Forkopancer jalin MOU Bidang Kebudayaan dan Pengabdian Masyarakat

Rabu, 21 Juni 2023 | 13:13 WIB
header img
Forkopancer jalin kerjasama dengan UNPAK dalam Bidang Kebudayaan. Foto : Istimewa

Ketua Umum FORKO PANCER, R. Dian Andhiawan Seminingrat yang akrab disapa Mama Dido menegaskan bahwa kerjasama ini adalah terobosan dan momen penting bagi FORKO PANCER sebagai wadah para penggiat sejarah seni dan budaya. Beberapa point penting kerjasama tersebut antara lain Penelitian/Riset, Proyek Kemanusiaan, Pengabdian Pada Masyarakat dan Magang/KKN di daerah wisata kota Cirebon serta Publikasi Ilmiah. Untuk acara penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut dilakukan di Gedung Prabayaksa Keraton Kacirebonan yang langsung disaksikan oleh Sultan Kacirebonan Pangeran Abdul Gani Natadiningrat, S.E yang juga selaku Pelindung FORKO PANCER dan Pengurus FORKO PANCER serta tamu undangan.

Sultan Kacirebonan P. Abdul Gani Natadiningrat, S.E dalam sambutannya mengatakan bahwa Cirebon dengan aneka ragam budaya kiranya dapat terus digali dan dikembangkan serta dilestarikan agar masyarakat luas mengerti bahwa Cirebon kaya akan khazanah budaya, seperti adanya keraton, cagar budaya, naskah/kitab kuno dan lain lain yang semua itu perlu penelitian dan kajian yang lebih mendalam dan tepatlah kiranya FISIB UNPAK menjadi lembaga pendidikan yang tetap konsisten mengadakan penelitian dan mengembangkan kebudayaan, yang dalam hal ini menggandeng FORKO PANCER sebagai wadah penggiat sejarah, adat, seni dan budaya di kota Cirebon.

Disela sela acara penandatanganan MOU, bertempat di Gedung Pagelaran Keraton Kasepuhan juga ditampilkan acara pentas seni dengan menampilkan tari topeng lima wanda yang merupakan tarian tradisional Cirebon.

" Sanggar Sawo Kecik berusaha menampilkan tari topeng lima wanda dengan maksud ingin memperkenalkan kesenian khas Cirebon yang harus tetap dilestarikan, karena tari topeng memiliki filosofi mendalam dan nilai-nilai religius yang tergambar dari karakter masing-masing jenisnya " ungkap Ratu Dini Andhiyani Seminingrat yang merupakan Pimpinan SANGGAR SAWO KECIK sekaligus Penggiat Budaya FORKO PANCER.

Menurut Pembina Forko Pancer, R. Nanang Sutisna implementasi kerja sama berupa penerbitan buku hasil penelitian untuk kalangan mahasiswa dan Workshop Publikasi Seni Budaya melalui Media Sosial yang diperuntukkan bagi pelaku seni dan pengurus sanggar seni. Selain itu beberapa kegiatan lainnya adalah digitalisasi naskah-naskah kuno Cirebon.

Dengan adanya penandatangan perjanjian kerjasama antara UNPAK Bogor dengan FORKO PANCER diharapkan dapat terjalin kerjasama secara berkesinambungan di bidang kebudayaan, pengabdian masyarakat, penelitian dan lain-lain yang bertujuan untuk pengembangan dunia pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakat luas.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut