get app
inews
Aa Read Next : IAI Kabupaten Cirebon Edukasi Penggunaan Obat Selama Ramadhan

Ternyata Jamu Indonesia Sudah Tercatat di Relief Candi Borobudur

Selasa, 04 Januari 2022 | 20:44 WIB
header img
Fakta tentang jamu Indonesia (Foto: Downshiftology)

JAKARTA, iNews.id - Kehebatan jamu Indonesia yang merupakan salah satu minuman tradisional yang kaya khasiat untuk menjaga kesehatan ini diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang. Apalagi Indonesia dikaruniai dengan beranekaragam rempah dan herbal hingga diekspor ke mancanegara.

Merangkum dari unggahan badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), @bpom_ri, jamu secara turun-temurun telah terbukti secara empiris membantu memelihara kesehatan dan kebugaran masyarakat Indonesia sejak ribuan tahun silam. Pengobatan dan pemeliharaan kesehatan menggunakan jamu tetap lestari hingga sekarang. Bahkan, seiring dengan perkembangan zaman, jamu saat ini telah mengalami transformasi. 

Pensaran apa saja fakta-fakta terkait jamu yang ada di Indonesia? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (4/1/2022).

1. Indonesia merupakan salah satu negara megabiodiversitas, yang memiliki sekira 33 ribu spesies tanaman yang berpotensi menjadi bahan obat tradisional atau jamu.

2. Tradisi minum jamu di Indonesia sudah ada sejak 1.300 masehi untuk menjaga kesehatan juga sebagai terapi pengobatan.

3. Indonesia memiliki berbagai ramuan jamu dari berbagai spesies tanaman obat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

4. Beberapa ramuan jamu Indonesia tercatat di beberapa relief candi dan kitab-kitab kuno, seperti Relief Candi Borobudur, Kitab Serat Chentini, Kitab Tibb, dan Buku Jampi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut