get app
inews
Aa Read Next : Banggar DPR RI Kritisi Program Bansos yang Diklaim Kelompok Tertentu

Ini Bansos yang Akan Cair Tahun 2022, Cek Informasinya

Senin, 03 Januari 2022 | 13:48 WIB
header img
Ilustrasi dana bansos.(Foto:Dok MPI)

2. BLT Dana Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT), Abdul Halim Iskandar, menyatakan BLT Dana Desa yang disalurkan tahun ini, terdiri dari dua mekanisme. 

Pertama, sekitar 40 persen alokasi dana desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Kedua, sekitar 60 persen alokasi dana desa dimanfaatkan sebagai program Pemberdayaan untuk Masyarakat Desa.

Nantinya, BLT Dana Desa akan dicairkan pada keluarga miskin dan tidak mampu dengan besaran BLT Rp300 ribu per KPM per bulan.

3. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja gelombang 23 akan tetap dilaksanakan pada 2022. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, menyebut Kartu Prakerja gelombang 23 rencananya akan dibuka Februari 2022.

Menko Airlangga Hartarto menyatakan jika Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang menjadi pelatihan semi bantuan sosial.

Pada 2020 dan 2021, pelatihan Kartu Prakerja dilakukan secara online. Jika pandemi Covid-19 mulai menurun, direncanakan akan mengadakan pelatihan secara tatap muka.
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut