get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Kecurangan Pemilu 2024, Aktivis Barak : Tunggu Hasil Resmi KPU

Data Sementara Jumlah Pemilih di Kabupaten Cirebon Alami Penurunan

Kamis, 01 Juli 2021 | 19:29 WIB
header img
Anggota KPU Kabupaten Cirebon, Ujang Kusuma AW mengatakan, jumlah pemilih hingga tanggal 30 Juni 2021 hanya sekitar 1.6 juta (Foto : Dede Kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Jumlah pemilih di Kabupaten Cirebon hingga akhir Juni 2021, tercatat sekitar 1.688.603 orang dengan kriteria pemilih laki-laki 849.879 orang dan perempuan 838.724 orang.

Anggota KPU Kabupaten Cirebon, Ujang Kusuma AW mengatakan, jumlah pemilih hingga tanggal 30 Juni 2021 hanya sekitar 1.6 juta, dan dibandingkan dengan bulan sebelumnya ada penurunan sekitar 167 orang.

"Penurunan tersebut disinyalir dari ragam faktor yang masuk dalam kategori tidak memenuhi syarat (TMS) seperti meninggal, pindah domisili dan yang lainnya," ujar Ujang saat dikonfirmasi, Kamis (1/7/2021).

Dikatakan Ujang, data pemilih berkelanjutan ini akan terus di update setiap bulannya, sedangkan pada triwulan ke 2 tahun 2021 ini pihaknya mengaku sudah melakukan beberapa kali melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB).

"Seperti biasa kami dalam melaksanakan PDPB ini juga melibatkan semua pihak terkait terutama dari Disdukcapil Kabupaten Cirebon. Hasil dari PDPB ini kami sebar ke semua stekholder yang ada di Kabupaten Cirebon tak terkecuali Partai Politik (Parpol), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pihak lainnya," katanya.

Lebih lanjut Ujang mengatakan, hasil PDPB ini diharapkan bisa terus di perbaharui dengan harapan pada saat terjadi pemilihan, kita tidak lagi diributkan dengan permasalahan DPS atau DPT.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk pro aktif khusus dalam hal administrasi kependudukan. Jikalau ada keluarga yang meninggal atau pindah domisili, diharapkan segera melaporkan dulu ke pihak pemerintah yang ada di bawah, secara otomatis nama nya akan menjadi TMS," tambahnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut