get app
inews
Aa Read Next : Apresiasi Kinerja KPK di Indramayu, Masa Bentangkan Spanduk Beri Dukungan Firli Bahuri

Polemik Pemberhentian Jabatan Brigjen Endar, Eks Penyidik Kawakan KPK

Sabtu, 08 April 2023 | 16:18 WIB
header img
Eks penyidik KPK Novel Baswedan menyerang ketua KPK Firli Bahuri terkait pencopotan Brigjen Pol Endar Priantoro. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Pemberhentian Brigjen Pol Endar Priantoro dari jabatannya sebagai Direktur Penyelidikan (Dir Lidik) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menjadi polemik.

Terbaru, mantan penyidik kawakan KPK Novel Baswedan mengkritisi keputusan Ketua KPK Firli Bahuri memberhentikan Brigjen Endar Priantoro karena bertentangan dengan surat Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. 

Dia menuding, penolakan tersebut merupakan bentuk arogansi  Firli sebagai pimpinan lembaga antirasuah tersebut. Novel menilai, polemik posisi Dirlidik KPK menunjukkan Firli Bahuri tidak peduli dengan kaidah hukum.

"Arogansi Firli Bahuri kali ini dilakukan terhadap Kapolri dan korbannya adalah EP. Begitu kurang lebihnya," tegas Novel kepada wartawan dikutip dari Sindonews, Kamis (6/4/2023).

Novel yang kini kembali bekerja di Polri menilai pimpinan KPK telah melakukan pembohongan publik dengan menyebut masa tugas Endar telah habis. Padahal, Kapolri sudah mengirimkan surat perpanjangan penugasan kedua untuk Endar pada 29 Maret 2023. 

"Isu yang dikatakan pimpinan KPK bahwa masa tugas habis itu tidak benar. Menurut saya justru kebohongan publik. Memang surat tugas EP berakhir pada tanggal 31 Maret, tetapi Kapolri sudah mengeluarkan surat tugas baru pada tanggal 29 Maret. Jadi, seharusnya tidak ada isu mengenai masa tugas," tambahnya. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut