Logo Network
Network

Langka! Penampakan Janin Bersarang dalam Otak Bocah Usia 1 Tahun, Ini Penjelasannya

Mery
.
Selasa, 14 Maret 2023 | 12:16 WIB
Langka! Penampakan Janin Bersarang dalam Otak Bocah Usia 1 Tahun, Ini Penjelasannya
Penampakan janin bersarang dalam otak bocah 1 tahun. Foto: Okezone.com

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Kasus langka, begini penampakan janin yang bersarang di otak bocah berumur satu tahun sehingga dokter harus melakukan operasi pengangkatan.

Karena hal itu, anak malang ini mengalami keterlambatan perkembangan motorik dan membesarnya lingkar kepala akibat timbunan cairan di otak.

Dilansir dari Live Science, berdasarkan jurnal Neurology yang terbit pada tanggal 12 Desember 2022  mencatat bahwa massa di kepala anak kecil itu ternyata adalah “kembar diamniotik monokorionik yang cacat." Hal ini terjadi karena saat di dalam rahim, janin tersebut pernah berbagi plasenta namun memiliki kantung ketuban yang terpisah.

Laporan Miami Herald menyebutkan, anomali di mana satu janin diselimuti oleh yang lain disebut dengan “fetus in fetu” atau “kembar parasit”. Kembaran yang diserap biasa mengalami pertumbuhan yang berhenti sementara.

Kasus langka ini terjadi pada satu dari 500.000 kelahiran hidup yang pada umumnya cacat muncul berada di lapisan perut janin lainnya. Namun pada kasus kali ini massa yang muncul berada di kepala.

Kemungkinan itu muncul pada saat awal perkembangannya, pada tahap sel telur dibuahi membentuk kelompok sel yang disebut dengan blastokista.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.