get app
inews
Aa Read Next : PPKM Darurat, Ojek Online Kebanjiran Order

Donat Ubi Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Senin, 28 Juni 2021 | 16:52 WIB
header img
Mencicipi Donat Ubi (Foto: Instagram@ummu.naneha)

JAKARTA, iNews.id - Makanan berupa roti goreng berbentuk bulat ini bisa dibilang banyak penikmatnya. Kini, donat memiliki banyak variasi, terutama bahan utamanya. Umumnya, donat terbuat dari tepung, tapi sekarang ada dari labu hingga kentang. Namun jika ingin variasi lain bisa menggunakan ubi jalar.

Makanan ini memang sederhana, namun memiliki banyak manfaat kesehatan. Ubi jalar diketahui memiliki banyak nutrisi yang dapat melawan berbagai penyakit. Di dalam kandungan ubi jalar mengandung vitamin A, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Selain itu, ubi jalar juga menyediakan 37 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C.

Di masa pandemi Covid-19, ubi jalar bisa menjadi makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Ubi jalar dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Beta karoten pada ubi jalar memiliki peran penting. Zat ini bekerjasama dengan vitamin C dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Dua zat yang juga memiliki sifat antioksidan ini membentuk kombinasi nutrisi yang kuat untuk mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh. Baiknya, ubi jalan dikonsumsi dengan cara dikukus. Namun, jika ingin mengonsumsi dengan cara berbeda, Anda bisa membuat donat ubi.

Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat donat ubi yang lembut dan sehat? Berikut ulasannya dirangkum melalui Instagram @ummu.naneha, Senin (28/6/2021). Bahan: 1 ubi jalar (rebus/kukus, haluskan. Ambil 4 sdm) 300 gr tepung terigu 3 sdm gula pasir 2 sdm mentega 1 sdm ragi instan 1 sdt garam 1/2 gelas air. 

Cara Membuat: 1. Di baskom campur tepung, ubi, gula, garam, ragi dan air. Aduk sampai setengah Kalis. Lalu masukkan mentega dan uleni lagi sampai Kalis. Jika adonan masih lembek boleh ditambahkan terigu sedikit demi sedikit sampai adonan Kalis sempurna.

2. Tutup baskom dan diamkan kurang lebih 1 jam sampai adonan mengembang 2 kali lipat. 3. Bentuk adonan sesuai selera dan goreng di minyak panas. Setelah matang diamkan sampai donat dingin baru dikasih toping sesuai selera.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut