get app
inews
Aa Read Next : Cirebon Dilanda Banjir: 20.000 Rumah di 9 Kecamatan Terendam, 83.000 Jiwa Terdampak

Kuliner Khas Cirebon Bernama Unik dengan Rasa Endol, Jangan Sampai Terlewat dan Patut Dicoba

Jum'at, 27 Januari 2023 | 19:09 WIB
header img
Kuliner Khas Cirebon Bernama Unik dengan Rasa Endol, Jangan Sampai Terlewat dan Patut Dicoba. Foto: cookpad

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Sederet kuliner khas Cirebon yang memiliki nama unik dengan rasa yang endol, jangan sampai terlewat dan patut dicoba saat berkunjung ke Cirebon.

Cirebon sebagai kota transit dengan percampuran tradisi dan budaya, membuat wilayah Cirebon memiliki beragam kuliner yang khas dan unik.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Agar tak terlewat, ada baiknya Anda mengetahui berbagai jenis kuliner unik yang ada di Cirebon.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (27/1/2023), berikut kuliner khas Cirebon yang unik yang perlu Anda ketahui agar tak terlewat saat mampir ke kota Udang ini.

Kuliner Khas Cirebon yang Memiliki Nama Unik

1. Renco Bonteng

Kuliner satu ini sejenis salad ala kearifan lokal. Bonteng sendiri merupakan bahasa Cirebon yang berarti timun.

Renco Bonteng merupakan olahan dengan bahan dasar timun yang dipotong tipis-tipis kemudian diberi sambal terasi lalu diaduk.

Setelah diaduk merata, olahan tersebut kemudian ditaburi parutan kelapa sehingga mempunyai tampilan seperti urap.

Rasa dari kuliner unik ini yaitu asin dan segar, makanan ini dijamin menyehatkan karena tidak digoreng dan dicampur bumbu dengan bahan kimia berbahaya.

Renco masih jarang diperjual belikan, namun biasa dimasak oleh warga Cirebon sebagai lauk dan disuguhkan bersama tempe dan tahu goreng. 

2. Serabi Ecol

Jenisnya seperti serabi pada umumnya, namun diberi topping ecol. Ecol merupakan kerang kecil yang banyak dijual di pesisir Cirebon.

Cita rasa yang khas dengan perpaduan  gurihnya Serabi dan nikmatnya kerang Ecol yang diolah dengan berbagai bahan rempah memiliki rasa pedas asin.

Serabi Ecol biasa dijajakan oleh penjual Serabi saat pagi ataupun sore hari dan dengan harga yang relatif murah, yaitu berkisar Rp2-5 ribu saja.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut