get app
inews
Aa Read Next : Ucapan Selamat Idul Fitri 1445 H Dinas Koperasi & UMKM Kabupaten Cirebon

9 Varian Mangga Khas Indramayu, Produksinya Mencapai 1,3 Juta Ton Per Tahun

Jum'at, 17 Desember 2021 | 18:34 WIB
header img
Produksi Mangga di Indramayu Bisa Sampai 1,3 Juta Ton Per Tahun (Foto : Istimewa)

INDRAMAYU. iNews.id - Kabupaten Indramayu menjadi salah satu daerah penghasil mangga terbesar di Indonesia. Dalam setahunnya, rata-rata produksi mangga di Kabupaten Indramayu bisa mencapai 1,3 juta ton.

"Kalau jenis mangga asli Indramayu ada sekitar 9 jenis, di antaranya yang jadi unggulan itu ada mangga gedong gincu, arum manis, lalu agrimania yang punya bobot raksasa," ujar Kepala Dinas Pertanian, Takmid, Jumat (17/12/2021).

Takmid mengatakan, selain di sejumlah perkebunan, banyak pohon mangga yang ditanam warga di pekarangan rumah mereka. Sehingga, tidak heran, jika Kabupaten Indramayu dikenal juga dengan sebutan Kota Mangga.

Takmid menjelaskan, selain memproduksi buah mangga, sekarang ini mulai banyak bermunculan UMKM-UMKM yang mengelola buah mangga menjadi berbagai aneka makanan dan minuman.

Seperti diolah menjadi dodol, sirup, jeli, hingga kopi dari biji buah mangga. Hanya saja, kata dia, walau memiliki julukan sebagai Kota Mangga, Kabupaten Indramayu belum memiliki kegiatan atau festival yang ikonik.

"Indramayu penghasil mangga terbesar di Indonesia, tetapi belum memiliki kegiatan ikonik yang mendunia, ini yang kita dorong," tungkasnya.

Jay Krhesna meyakini, Festival Mangga di Kabupaten Indramayu bisa mendunia seperti festival-festival ikonik lain di berbagai daerah.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut