get app
inews
Aa Read Next : Dukung Digitalisasi, MyRepublic Hadir di Kota Cirebon

Cara Tes Kecepatan Internet, Mudah Dilakukan

Jum'at, 06 Januari 2023 | 09:52 WIB
header img
Cara tes kecepatan internet, mudah dilakukan. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsCirebon.id Cara tes kecepatan internet, mudah dilakukan. Internet saat ini menadi kebutuhan utama khususnyauntuk Anda yang masih pelajar dan pekerja yang mengunakan akses internet.

Berbeda dengan jaringan seluler yang membutuhkan kuota, jaringan WiFi tak terbatas dengan kuota. Namun jaringan internet pada Wifi seringkali terjadi gangguan karena beberapa faktor salah satunya adalah perbaikan jaringan.

Sebelum Anda melakukan tes kecepatan internet, Anda sebaiknya melakukan beberapa persiapan seperti merestart modem atau router. Merestart modem atau router ini bertujuan untuk memulihkan kembali jaringan internet ke posisi awal.

Persiapan selanjutnya untuk melakukan tes kecepatan internet adalah merestart komputer atau leptop, usahakan jangan terlalu banyak membuka program di leptop atau komputer. Serta jangan lupa memberisihkan cache pada perangkat, karena dapat mempengaruhi kecepatan internet.

Lantas bagai mana cara tes kecepatan internet?. Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (6/1/2023) berikut cara tes kecepatan internet.

Cara tes kecepatan internet:

5. Open Speed Test

Open Speed Test juga memiliki fitur utama untuk melakukan cek kecepatan internet. Adapun cara cek kecepatan internet lewat Open Speed Test bisa dilakukan dengan mengunjungi laman ini https://openspeedtest.com/.

Saat laman telah terbuka, klik ikon “play” untuk memulai proses pemeriksaan kecepatan internet pada WiFi yang terhubung di perangkat. Setelah pemeriksaan selesai, pengguna bisa melihat hasil kecepatan unduh, unggah, dan latensi dari jaringan WiFi miliknya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut