get app
inews
Aa Read Next : Jelang Malam Pergantian Tahun 2023 di Cirebon, Masyarakat Serbu Pasar Ikan Karangsambung

10 Tips Memotret Kembang Api di Pergantian Tahun Baru 2023, Cukup dengan Kamera HP

Sabtu, 31 Desember 2022 | 16:38 WIB
header img
10 tips memotret kembang api cukup dengan kamera HP. Foto: Pinterest

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Jangan lewatkan kesempatan pada malam pergantian tahun baru 2023 dengan mengabadikan momen memotret kembang api cukup melalui HP Anda. Berikut ini tips memotret kembang api dengan HP agar tampak indah.

Mengambil gambar kembang api kini lebih mudah hanya cukup menggunakan HP. Sejumlah smartphone sudah memiliki fitur yang bisa digunakan untuk memotret kembang api yang indah layaknya kamera profesional.

Untuk melakukannya pun sangat mudah caranya. Melansir dari iNews.id, berikut langkah-langkah mudah sebagaimana dikutip dari Makeuseof. 

Tips Memotret Kembang Api di Pergantian Tahun Baru 2023

1. Pastikan Pilih Lokasi Tepat dan Unik

Penentuan lokasi merupakan faktor penting untuk mendapat sudut pengambilan gambar yang unik. Pastikan Anda datang lebih awal untuk mendapat titik lokasi pengambilan gambar yang unik.

Usahakanlah mencari tempat yang jauh dari keramaian, sehingga Anda dapat lebih fokus dalam pengambilan gambar.

Jika tidak dapat dilakukan, maka cari tempat terbaik untuk memotret kembang api dengan latar depan atau latar belakang yang menarik.

2. Seimbangkan Komposisi

Sebagian besar HP memiliki pengaturan pengaktifan kisi komposisi yang membantu menyusun foto Anda dengan aturan sepertiga. Hal ini tentu memudahkan untuk menyeimbangkan foto Anda dengan menempatkan posisi kembang api di tengah layar.

Sebab tak dapat dipungkiri, dasar dari foto yang bagus salah satunya terletak pada komposisi.

Memotret kembang api dengan cara biasa memang masih bisa terlihat bagus, tetapi cobalah bermain komposisi untuk mendapat foto yang luar biasa.

3. Pakai Tripod

Untuk stabilitas maka sebaiknya Anda menggunakan tripod saat mengambil gambar. 

4. Aktifkan Timer

Timer atau pengatur waktu bisa menjadi solusi untuk membantu stabilitas pada saat mengambil gambar kembang api.

Pilihan waktu yang disediakan memungkinkan Anda untuk mengatur HP tetap stabil dalam memotret.

5. Gunakanlah Mode Malam

Dengan mengaktifkan Mode Malam maka memungkinkan cahaya masuk sebanyak mungkin.

Kamera HP saat ini memang sudah mendukung pengambilan gambar di malam hari dengan fitur Mode Malam.

Anda bisa menggunakan pengaturan Mode Malam untuk bereksperimen dengan long exposure saat memotret kembang api.

Dengan fitur ini, Anda dapat menangkap beberapa gerakan keren dengan mengambil foto tepat saat kembang api meledak.

6. Gunakan Mode Potrait

Memotret kembang api bukan berarti kembang api harus menjadi bintangnya. Anda dapat menggunakannya sebagai latar belakang mewah saat memotret objek atau subjek lainnya.

Aktifkan mode Potret dan pastikan kembang api akan meledak di suatu tempat di belakang subjek Anda. Mode potret memastikan subjek Anda terfokus secara tajam, dan jika kembang api cukup jauh, Anda dapat menciptakan efek bokeh.

7. Manfaatkan Fitur Zoom

HP lama mungkin tidak memiliki mode zoom yang bagus, tapi ada banyak smartphone terkini yang memiliki lensa telefoto internal yang memungkinkan zoom berkualitas tinggi.

Menggunakan zoom kamera harus menjadi pilihan terakhir jika Anda tidak dapat mendekat secara fisik. Cobalah sedekat mungkin dengan lokasi kembang api dan mengatur komposisi. Jika Anda jauh dari lokasi kembang api, zoom digital dapat membantu menghilangkan gangguan.

8. Matikan Flash

Matikan flash saat memotret kembang api dan gunakanlah Mode Malam atau pancaran pencahayaan sekitar dari kembang api itu sendiri.

Menggunakan flash akan menutupi latar depan apa pun dan tidak akan membuat perbedaan dalam menerangi langit itu sendiri. Itu hanya akan menerangi serangga atau debu yang ada di depan ponsel Anda, yang pasti akan merusak bidikan Anda.

9. Aktiflan Fitur Live Photo

Ledakan kembang api tidak dapat diprediksi, dan juga bergerak sangat cepat. Menggunakan mode Live Photo membantu Anda menangkap gerakan serta detik sebelum dan sesudah Anda menekan tombol.

Di iPhone, Anda dapat mengubah Live Photos menjadi long exposure. Mode Live Photo juga membuat GIF ciamik untuk media sosial yang akan mengesankan orang-orang di media sosial dengan menunjukkan gerakan ledakan.

10. Gunakan Mode Brust

Dengan menggunakan mode Brust atau beruntun, HP Anda dapat mengambil banyak gambar secara beruntun, membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan bidikan kembang api terbaik.

Dengan tips ini, Anda dapat dengan mudah membuat foto kembang api yang luar biasa dan tidak ketinggalan momen di setiap ledakan kembang api.

Itulah 10 tips untuk Anda memotret kembang api untuk mendapatkan foto yang indah di setiap momennya, cukup hanya dengan menggunakan HP di tangan Anda.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut