get app
inews
Aa Read Next : Uniknya Desa Penimbun Kebumen yang Melarang Jual Beli Nasi, Ini Mitosnya

3 Desa di Gresik Memiliki Nama Unik, Histori Bikin Ketawa

Rabu, 15 Desember 2021 | 13:48 WIB
header img
Balai Desa Tulung di Kecamatan Kedamean Gresik Jawa Timur. (Foto: SINDOnews/Ashadi IK)

GRESIK, iNews.id - Jika anda pergi ke Kabupaten Gresik Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Kedamean, ada tiga desa punya nama unik. Ketiganya punya cerita menarik hingga bikin ketawa.

ketiga  desa dan dusun yang memiliki nama unik yakni, Seperti, Desa Tulung, Lampah dan Dusun Gorekan, Desa Cermen. Ketiganya memiliki historis yang panjang dari mana asal usul penamaan desa. 

Desa Tulung, misalnya, tidak banyak yang mengetahui jika nama desa ini terdahulunya adalah Desa Matamu. Seiring waktu karena konotasi "matamu" mengandung makna makian maka digantilah dengan nama yang lebih baik. Namun pemberian nama baru, tidak serta merta tidak ada kaitannya dengan nama sebelumnya. 

Hal itu seperti disampaikan Mbah Supi warga setempat, yang tertuang dalam buku Sang Gresik Bercerita Lagi, karangan Kris Adji dan kawan-kawan. Disebutkan, dahulu kala ada sepasang pengembara yang sedang berpetualang di Pulau Jawa. Pengembara tersebut telah sampai di Jawa Timur. 

"Pengembara tersebut tersesat di sebuah desa dan dia tidak tahu kemana akan melanjutkan perjalanan. Begitu dia sampai di tepi desa di melihat seorang yang berada di tengah sawah," tulisnya. 

Karena tempatnya yang agak jauh di tengah sawah, pengembara itu berteriak dari pematang sawah "Pak, ini desa mana?" Petani yang ada di sawah itu pun berteriak menjawab "Matamu!" 

Pengembara itu pun kaget, karena tidak yakin dengan pendengarannya. Dia lantas bertanya lagi, namun petani itu tetap tegas menjawab bahwa ink Desa Matamu.  Anehnya, para pengembara itu malah tersinggung dengan pernyataan petani tersebut. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut