get app
inews
Aa Read Next : Penyelundupan Ribuan Benih Lobster Digagalkan Ditpolair Polda Jabar, Hendak Dikirim ke Luar Negeri

3 Hewan Buas yang Bisa Hidup Abadi, Ini Rahasia Keunikannya

Kamis, 08 Desember 2022 | 20:00 WIB
header img
Tiga hewan buas yang bisa hidup abadi, ini rahasia keunikannya. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsCirebon.id Tiga hewan buas yang bisa hidup abadi, ini rahasia keunikannya. Sederet hewan bersarkan penelitian dinyatan dapat hidup abadi dan lolos dari proses penuaan

Penuaan menjadi bagian tak terelakkan dari kehidupan, meskipun banyak manusia berusaha menunda proses penuaan tersebut. Namun proses penuaan ini nampaknya tidak terjadi terhadap tiga hewan ini.

Penuaan sendiri adalah keadaan penurunan fungsi normal secara bertahap, pada tingkat sel itu berarti sel berhenti membelah dan akhirnya mati. Tiga hewan buas yang bisa hidup abadi, akan dibahas pada artikel ini.

Lantas hewan apa saja yang meripakan secara alamiah dapat hidup abadi karena tidak mengalami penuaan?. Dikutip dari SINDOnews.com, Kamis (8/12/2022) berikut hewan buas yang bisa hidup abadi.

Hewan buas yang bisa hidup abadi:

3. Lobster

Lobster juga tidak mengalami penuaan. Namun, tidak seperti ketergantungan Hydra pada gen tertentu, umur panjang mereka berkat kemampuan memperbaiki DNA tanpa henti. 

Biasanya, selama proses penyalinan DNA dan pembelahan sel, tutup ujung pelindung pada kromosom, yang disebut telomere, perlahan menjadi semakin pendek. Ketika terlalu pendek, sel memasuki penuaan dan tidak dapat lagi terus membelah. Lobster tidak mengalami masalah ini berkat pasokan enzim yang disebut telomerase yang tidak pernah habis, yang berfungsi untuk terus meregenerasi telomer. 

Mereka menghasilkan banyak enzim ini di semua sel mereka selama masa dewasanya, memungkinkan mereka mempertahankan DNA awet muda tanpa batas. Telomerase tidak unik untuk lobster. 

Hal ini hadir di sebagian besar hewan lain, termasuk manusia, tetapi setelah melewati tahap kehidupan embrionik, tingkat telomerase di sebagian besar sel lainnya menurun dan tidak cukup untuk bertahan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut