Jadi Pembantu Rumah Tangga Sejak Usia 13 Tahun, Perempuan Ini Kini Sukses Jadi Miliarder

Aisyah
.
Minggu, 04 Desember 2022 | 20:22 WIB
Jadi Pembantu Rumah Tangga Sejak Usia 13 Tahun, Perempuan ini Kini Sukses Jadi Miliarder (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Ada kisah menarik dari perempuan yang sukses berawal dari pembantu rumah tangga. Ia bernama Erlynie, menjadi Asisten Rumah Tangga (ART) sejak usia 13 tahun dan kini sukses menjadi pengusaha.  

Erlynie merupakan founder dan CEO B Erl Cosmetics. Label kosmetiknya diluncurkan pada Februari 2017 dan pada Agustus 2019, member-nya mencapai 30.000. Anak desa ini memilih merantau ke Jakarta setelah lulus Sekolah Dasar (SD) karena tak kuat menahan tekanan hidup bersama Ibu Tiri.  

"Di sana tekanan ibu tiri harus nahan nangis tiap hari. Jadi pagi terima ijazah (SD), siang pamit dan ayah karena tahu aku akhirnya diizinkan. Aku ikut tante ke Jakarta," kata Erlynie, dikutip dari kanal YouTube Christina Lie, Minggu (04/11/2022).

Pengetahuan Erlynie soal orang desa ke kota menjadi ART, ia pun berniat menjadi ART dan bekerja di rumah teman tantenya pada 2000 selama 6 bulan. Dengan hasil pekerjaan yang belum maksimal saat itu, dia pernah hanya dibayar Rp100.000 per bulan.

Ia pun memilih pindah majikan. Dengan majikan kedua ini, Erlynie mendapatkan kesempatan keluar rumah.

"Saya izin sejam, saya intipin karena pingin sekolah sampai pernah diusir satpam. Saya juga bilang ke orang tua, ke Jakarta untuk sekolah," katanya.

Rupanya, kepala sekolah salah satu SMP itu memperhatikannya. Hingga akhirnya, kepala sekolah tersebut mendatangi rumah majikannya dan membantu Erlyanie untuk mendaftar di SMP tersebut.

Erlyanie bekerja sebagai ART selama 6 tahun hingga lulus SMA. Dia sempat bekerja sebagai admin di perusahaan kontraktor dan notaris. Setelah itu, dia baru memulai bisnis pertamanya, yakni laundry kiloan.

"Modal laundry dari nabung jaman MLM untuk nyewa ruko," tuturnya.

Kini ia sukses sebagai couplepreuner, B Erl Cosmetics yang merupakan singkatan B adalah berkah atau big, sedangkan Erl adalah Erlyanie. Bisnis kosmetika yang ia jalankan pun sudah mendapat izin BPOM dan label halal dari MUI.

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini