Generasi Emas Socceroos Lolos Babak 16 Besar, Warga Australia Minta Dijadikan Hari Libur Nasional

Andika Khoirul Huda
.
Kamis, 01 Desember 2022 | 11:32 WIB
Timnas Australia berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai menang tipis 1-0 melawan Denmark. (Foto: instagram/@FIFA)

AL WAKRAH, iNews.id - Masyarakat Australia berpesta-pora usai Socceroos-julukan Australia-lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Australia berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Denmark dalam laga terakhir Grup D Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar, Kamis (1/12/2022) dini hari WIB.

Menurut laporan Reuters, ribuan orang berkumpul di Fed Square Melbourne menyaksikan kemenangan Australia 1-0 atas Denmark melalui layar lebar. Mereka menari dalam cahaya kembang api saat Socceroos lolos ke babak 16 besar dan akan menghadapi Argentina. 

Pasukan Graham Arnold menyamai timnas Asutralia yang lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2006 di Jerman. Tapi, skuad saat ini diisi pemain muda yang kemudian dikenal sebagai "generasi emas" Australia. 

Warga Australia meminta libur nasional kepada pemerintah untuk merayakan momen bersejarah itu. Tuntutan hari libur nasional pun menggema di media sosial. Para netizen Negeri Kangguru mendesak pemerintah segera merealisasikan hal itu.

Gol tunggal Mathew Leckie pada menit 60 menjadi penentu kemenangan tim besutan Graham Arnold itu. Hasil tersebut membuat Aaron Mooy dan kolega melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. 

Mereka mengamankan posisi runner up Grup D dengan koleksi enam poin, di bawah Prancis, yang hanya unggul selisih gol saja dari mereka usai dikalahkan Tunisia 0-1 pada laga terakhir. 

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini