get app
inews
Aa
Read Next : Kunjungi Kantor Imigrasi Cirebon, Dirjen Imigrasi : Bangga Dengan Layanan Pegawai pada Masyarakat

Fakta Dibalik Keunikan Kampung Patin yang Ada di Riau

Senin, 21 November 2022 | 17:12 WIB
header img
Fakta dibalik unikan Kampung Patin yang Ada di Riau. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Fakta dibalik unikan Kampung Patin yang Ada di Riau. Sebuah kampung tepatnya di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau mendapat julukan Kampung Patin.

Provinsi Riau terus mengembangkan sektor pariwisata, sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan Riau kepada masyarakat luas. Salah satunya yakni Desa Wisata Koto Masjid, atau yang populer dijuluki Kampung Patin.

Desa Koto Mesjid memiliki julukan sebagai Kampung Patin, yang desebabkan karena potensi yang luar biasa yang dimiliki Koto Mesjid dalam bidang perikanan. Di Koto Mesjid, terdapat 776 kolam ikan, di mana luas semua kolam mencapai 42 hektare, dengan jumlah produksi per hari 3—4 ton ikan patin.

Selain menghasilkan ikan patin hidup, Desa Koto Mesjid juga mengolah ikan patin menjadi salai (ikan asap), kerupuk, dan nugget. Desa ini juga menghasilkan dan menjual bibit ikan patin, mesin pelet, dan pelet.

Lantas fakta menarik apa yang ada di Desa Koto Mesjid, Dikutip dari Okezone.com, Senin (21/11/2022) berikut fakta menarik Desa Koto Masjid.

Fakta menarik Desa Koto Masjid

Nomonasi Anugrah Desa Wisata

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, Pemrov Riau kini terus gencar mempromosikannya karena potensial dikunjungi wisatawan dengan pesonanya sebagai destinasi wisata.

"Objek wisata Koto Masjid makin memesona terbukti kawasan itu kini menjadi salah satu desa di Riau yang berhasil menembus 50 besar nominasi Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021," kata Roni.

Ia mengatakan, saat ini objek wisata Kampung Patin telah terbentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) beranggotakan masyarakat yang memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengembangkan Desa Koto Masjid menjadi desa tujuan wisata.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut