get app
inews
Aa Read Next : DJP Mencatat Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Meningkat

Fungsi NPWP yang Jarang Diketahui, Tak Sekedar Dokumen Persyaratan

Sabtu, 19 November 2022 | 09:47 WIB
header img
Fungsi NPWP yang tak sekedar persyaratan administrasi. Foto: Pinterest

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Anda perlu tahu ternyata NPWP (Nomor Peserta Wajib Pajak) memiliki fungsi lain yang jarang diketahui, tak sekedar persyaratan dokumentasi.

Selama ini, NPWP dianggap hanya sebagai nomor identitas wajib pajak saja yang digunakan untuk melamar kerja. 

Dilansir dari pajak.go.id, NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai identitas atau tanda pengenal diri dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Ada dua jenis NPWP, yakni NPWP badan usaha dan NPWP perseorangan

NPWP terdiri dari 15 digit, sembilan digit pertama adalah kode wajib pajak, tiga digit berikutnya adalah kode administrasi kantor wajib pajak terdaftar, dan tiga digit terakhir adalah kode status wajib pajak (pusat atau cabang). 

Lantas, apa saja fungsi lain dari kepemilikan NPWP? 

Fungsi NPWP Lain yang Jarang Diketahui

Dilansir dari Cermati.com, Sabtu (19/11/2022), fungsi NPWP ternyata sangat luas dan banyak memberikan manfaat, salah satunya dalam urusan perpajakan. 

1. NPWP sebagai Persyaratan Administratif

NPWP dipastikan akan selalu diikutsertakan sebagai dokumen wajib saat mengurus persyaratan administratif, seperti mengajukan kredit ke bank, membuka rekening dana nasabah, membuka rekening efek, membuka rekening bank, membuat rekening koran, pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), administrasi Pajak Final, pembuatan paspor dan lain sebagainya.

2. Mempermudah Perpajakan

NPWP juga sangat diperlukan saat kita mengurus berbagai hal terkait pajak, seperti mengurus restitusi pajak, mengajukan pengurangan pembayaran pajak, melaporkan atau bertanya tentang jumlah pajak yang mesti dibayarkan, pemotongan pajak yang rendah.

3. Melamar Pekerjaan

Banyak perusahaan yang mulai memberikan persyaratan melampirkan dokumen NPWP untuk melamar pekerjaan.

Hal ini dilakukan karena perusahaan menyadari kewajibannya untuk membantu kepengurusan pelaporan pajak para karyawannya. 

4. Membeli Produk Investasi

NPWP digunakan sebagai dokumen validasi saat membeli produk investasi, seperti emas, reksa dana, saham, dan surat-surat berharga lainnya.

Demikianlah fungsi dan manfaat NPWP yang tak sekedar dokumen persyaratan saja. Semoga artikel ini dapat membantu dalam memberikan informasi seputar NPWP.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut