get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada 2024 Pelajar di Cirebon Dibekali Pemahaman Identifikasi Berita Hoax

RTIK Kabupaten Cirebon Borong Penghargaan Festik 2022 di Pontianak

Kamis, 17 November 2022 | 15:55 WIB
header img
Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Relawan TIK) Kabupaten Cirebon, memborong penghargaan, pada kegiatan Festival TIK (Festik) 2022 di Pontianak Kalimantan Barat. Foto: Istimewa.

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id - Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Relawan TIK) Kabupaten Cirebon, memborong penghargaan, pada kegiatan Festival TIK (Festik) 2022 di Pontianak Kalimantan Barat. Kegiatan yang diselenggarakan pada 16-17 November di Kampus Politeknik Negeri Pontianak itu, RTIK Kabupaten Cirebon berhasil memborong tiga penghargaan.

Tiga penghargaan yang diraih,yaitu program inovasi terbaik, pandu digital relawan TIK terbaik dan anugerah transformasi digital desa terbaik.

Ketua Relawan TIK Kabupaten Cirebon Akhmad Rofahan mengatakan, program inovasi terbaik, karena RTIK Kabupaten Cirebon memiliki program-program inovatif yang saat ini sedang dijalankan. Salah satunya yaitu pendampingan desa.

"Pelayanan dan informasi desa, kita arahkan untuk berbasis digital," ujar Rofahan, Kamis 17 November 2022.

Menurut Rofahan, pendampingan desa yang dilakukan oleh RTIK Kabupaten Cirebon ini, berkolaborasi dengan Diskominfo Kabupaten Cirebon dan Zeo Technology.

Salah satu tujuan dari program pendampingan desa ini, yaitu untuk memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat dan juga memberikan kemudahan dalam pelayanan.

Selain diajarkan dalam pemanfaatan media sosial, aparat desa juga dilatih mengelola Sistem Informasi Desa (SID) untuk mempermudah layanan.

Salah satu yang sudah dikembangkan, yaitu pelayanan administrasi dengan hanya menggunakan tapping KTP. Pelayanan tersebut sudah dilakukan di Desa Kalikoa Kecamatan Kedawung, yang juga mendapatkan penghargaan di Pontianak.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut