get app
inews
Aa
Read Next : Wanita 41 Tahun Nikahi Remaja 16 Tahun di Sambas Kalbar, Mertua Dikabarkan Minta Mereka Bercerai

Desa Kalikoa Raih Anugerah Transformasi Digital Pemdes Terbaik Festik 2022 di Pontianak

Kamis, 17 November 2022 | 11:07 WIB
header img
Desa Kalikoa Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, meriah Anugerah Transformasi Digital Pemdes Terbaik Festik 2022 di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (16/11/ 2022). Foto: Istimewa.

PONTIANAK, iNewsCirebon.id Desa Kalikoa Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, meriah Anugerah Transformasi Digital Pemdes Terbaik Festik 2022 di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (16/11/ 2022). Penghargaan tersebut diraih, karena Desa Kalikoa dianggap berhasil melakukan transformasi digital pada pelayanan dan distribusi informasi desa, dengan pendampingan yang dilakukan oleh Relawan TIK Kabupaten Cirebon.

Ketua Relawan TIK Indonesia Fajar Eri Dianto mengatakan, Anugerah Transformasi Digital Pemerintah Desa Terbaik merupakan apresiasi Relawan TIK Indonesia kepada Pemerintah Desa atas Komitmen dan Konsistensinya terhadap pengarusutamaan digitalisasi dilevel desa.

"Komitmen saja tidak cukup, harus konsisten, point ini yang kami apresiasi. Desa - desa yang menerima anugerah malam ini telah membuktikannya bersama Relawan TIK di daerah masing" kata Fajar Eri.

Kepala Desa Kalikoa, Misbakh Fauzi menuturkan, penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh perangkat desa dan dukungan masyarakat Desa Kalikoa, serta pendampingan yang dilakukan oleh RTIK Kabupaten Cirebon, Zeo Technology dan Diskominfo Kabupaten Cirebon.

Fauzi menjelaskan, transformasi digital yang sudah dilakukan diantaranya, yaitu pemanfaatan media sosial dan juga website resmi desa, untuk distribusi informasi kepada warga.

"Sehingga warga bisa mengetahui program dan kegiatan desa," kata Fauzi.

Selain itu, pihaknya saat ini juga menerapkan Sistem Informasi Desa (SID) dalam pelayanan desa. Salah satu yang paling membantu, adalah pembuatan administrasi dengan hanya cukup menempelkan KTP.

Dalam prakteknya, warga yang membutuhkan surat-surat, tinggal menempelkan KTP pada alat yang sudah kami sediakan. Nantinya, data pemilik KTP akan muncul dilayar.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut