get app
inews
Aa Read Next : Viral! Tarif Gunung Bromo Rp1 Juta untuk Foto dan Video Komersil

Mitos dan Misteri Meletusnya Gunung Semeru, Slamet dan Merapi, Simak Ceritanya!

Rabu, 08 Desember 2021 | 11:57 WIB
header img
Erupsi Gunung Semeru (Foto : Antara)

3. Gunung Merapi


Gunung Merapi (Foto: wikipedia)

Gunung berapi lain di Pulau Jawa yang juga sarat akan mitos adalah Gunung Merapi. Secara geografis, gunung ini berada di Sleman, DIY. Masih segar dalam ingatan, Gunung Merapi pernah mengalami erupsi besar pada 2010.

Data yang dihimpun BNPB yang dituangkan dalam laporan ‘Rencana Aksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi’, erupsi pertama Merapi terjadi pada 25 Oktober 2010. 

Setelahnya, erupsi terjadi secara beruntun hingga November 2010. Dalam erupsi ini pula, sang juru kunci Merapi, Mbah Maridjan, tewas tersapu awan panas di rumahnya.

BNPB mencatat, total korban tewas dalam bencana ini sebanyak 227 orang di wilayah DIY dan 109 orang di Jawa Tengah. Ada satu mitos yang dipercaya warga setempat ketika erupsi Merapi terjadi.

Menurut artikel ‘Mitologi Gunung Merapi Sebagai Kearifan Masyarakat Dalam Memahami Erupsi Merapi di Wilayah Cangkringan, Sleman, Yogkakarta,’ erupsi Merapi dipercaya bahwa gunung tersebut sedang duwe gawe atau punya hajat.

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kepercayaan masyarakat akan hukum pinasti atau takdir. Artinya, mereka yang meninggal, cedera, dan kehilangan harta karena erupsi Merapi, dipandang sebagai sebuah takdir. Meskipun sawah, hewan ternak, dan ladang mereka hancur akibat erupsi, namun masyarakat percaya bahwa Merapi akan menggantinya dengan berlipat ganda. 

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut