get app
inews
Aa Read Next : Viral! Tarif Gunung Bromo Rp1 Juta untuk Foto dan Video Komersil

Mitos dan Misteri Meletusnya Gunung Semeru, Slamet dan Merapi, Simak Ceritanya!

Rabu, 08 Desember 2021 | 11:57 WIB
header img
Erupsi Gunung Semeru (Foto : Antara)

2. Gunung Slamet 


Gunung Slamet (Foto : Doc Okezone)

Gunung Slamet membentang antara 5 kabupaten di Jawa Tengah, yakni Banyumas, Brebes, Purbalingga, Pemalang, dan Cilacap.  

Menurut artikel ‘Studi Perbandingan Aktivitas Gunung Slamet: Periode Krisis 2019 dengan Erupsi 2014’, Slamet merupakan gunung api tipe strato dan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa, setelah Gunung Semeru. Adapun ketinggian Gunung Slamet adalah 3.432 meter di atas permukaan laut.  Gunung Slamet mempunyai bentuk lereng yang cukup teratur. Meskipun belum pernah mengalami erupsi, namun Gunung Slamet pernah beberapa kali menunjukkan peningkatan aktivitasnya, seperti yang terjadi di tahun 2014 dan 2019. 

Ada satu hal menarik terkait Gunung Slamet jika kelak mengalami erupsi. Melansir jurnal ilmiah kependidikan bertajuk ‘Juru Kunci Gunung Slamet: Biografi Warsito’, letusan Gunung Slamet akan membelah Pulau Jawa menjadi 2 bagian. Kemungkinan itu dipicu munculnya rekahan besar yang berada dari utara hingga ke selatan. Dengan begitu, air laut akan mengalir masuk dan menyatu. 

Di sisi lain, kepercayaan tersebut dikaitkan dengan ramalan salah seorang Raja Kediri, Jayabaya, yang mengatakan bahwa suatu saat Pulau Jawa akan terbelah. 

Sementara itu, untuk menghormati dan menghibur penguasa Slamet, masyarakat setempat biasanya melakukan tradisi Ruwat Bumi. Seperti yang dilakukan oleh warga Karang Reja, Kabupaten Purbalingga.  Biasanya, warga memberikan sesajen berupa hasil bumi, wedang teh, wedang kopi, dan wedang jembawuk. Harapannya, mereka dapat terhindar dari letusan Gunung Slamet dan memperoleh keselamatan, ketenteraman serta keberkahan.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut