Logo Network
Network

5 Kejadian Alam di Timur Tengah Jadi Pertanda Kiamat, Jazirah Arab Menghijau hingga Kawah Aden Aktif

Mery
.
Rabu, 16 November 2022 | 07:40 WIB
5 Kejadian Alam di Timur Tengah Jadi Pertanda Kiamat, Jazirah Arab Menghijau hingga Kawah Aden Aktif
Kejadian alam di Timur Tengah jadi pertanda kiamat. Foto: iNews.id/down to earth

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Lima kejadian alam di Timur Tengah ini bisa jadi pertanda kiamat.

Memang tidak ada satupun manusia di dunia ini yang mengetahui datangnya hari kiamat karena hanya Allah SWT yang mengetahui kapan tepatnya hari kiamat terjadi.

Meski begitu, berdasarkan firman Allah dalam Alquran maupun dari hadits Nabi Muhammad SAW, kita bisa mengetahui tanda-tanda kedatangan hari kiamat.

Bahkan beberapa tanda akhir zaman tersebut sudah terjadi saat ini. Sebagian besar dari tanda hari kiamat tersebut bisa ditemukan di wilayah Timur Tengah. 

Lantas, apa saja kejadian alam yang jadi pertanda kiamat di Timur Tengah? Melansir dari laman iNews.id sebagai berikut ini, Rabu (16/11/2022).

5 Kejadian Alam yang Jadi Pertanda Kiamat di Timur Tengah

1. Jazirah Arab Menghijau

Negara Arab yang awalnya negara gersang kini mulai berubah menjadi ladang hijau dengan banyaknya tumbuhan hijau yang tumbuh.

Ada 97 spesies pohon di Arab Saudi, diantaranya genus pohon Akasia dengan jumlah tertinggi (10 spesies) dan Ficus (7 spesies). 

Lebih dari 80 persen pohon itu tumbuh di wilayah barat daya dan barat, termasuk wilayah Taif.

Menghijaunya jazirah Arab ini membuat umat Islam menjadikannya sebagai pertanda hari kiamat sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.

Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 

"Kiamat tidak akan terjadi hingga wilayah arab kembali menjadi tanah yang subur banyak padang hijau dan sungai-sungai. Hingga orang yang melakukan safar antara Irak dan Makkah, tidak ada yang ditakuti selain kegelapan di jalan. Dan tidak muncul Kiamat sampai terjadi banyak pembunuhan. (HR Ahmad 8833).

2. Sungai Eufrat Mengering

Sungai Eufrat yang mengalir melewati tiga negara, yakni Turki, Suriah, dan Irak ini menjadi salah satu sungai dengan sejarah terpanjang bagi peradaban manusia.

Belakangan ini muncul kabar, Sungai Eufrat mengering dan ini juga dikonfirmasi oleh NASA pada 2017 lalu.

Menurut para ilmuwan, dalam kurun waktu 7 tahun sejak 2003, Sungai Eufrat telah kehilangan debit airnya hingga 144 kilometer kubik. 

Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah hingga membuat Sungai Eufrat mengering.

Mengeringnya Sungai Eufrat ini juga bisa menjadi salah satu tanda hari kiamat.

Rasulullah SAW pernah bersabda : "Kiamat tidak akan terjadi sampai Al-Furat mengering sehingga muncullah gunung emas. Manusia pun saling bunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang (yang memperebutkannya), terbunuhlah sembilan puluh sembilan orang. Setiap orang dari mereka mengatakan, 'Mudah-mudahan akulah orang yang selamat." (HR Muslim)

3. Danau Tiberias Mengering

Mengeringnya danau Tiberias di Israel ini berkaitan erat dengan kemunculan Dajjal. Hal ini pun pernah dikisahkan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan Tamim ad-Dari bertemu sosok Dajjal di sebuah pulau kecil. Dajjal menanyakan perihal permukaan air Danau Tiberias.

"Beritakan kepadaku tentang danau Tiberias! Kami pun berkata: 'Tentang apanya yang ingin engkau ketahui?' Dia berkata: "Apakah di sana ada airnya?" Kami menjawab: "Danau itu banyak airnya. "Dia berkata, "Ketahuilah airnya tak lama lagi akan habis." (HR Muslim).

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.