get app
inews
Aa Read Next : 7 Nama Desa Terunik di Kabupaten Cirebon, dari Nama Ikan sampai Alat Elektronik

Melihat Kampung Madinah di Magetan, Warganya Berbusana Muslim dan Semua Toko Tutup Saat Azan

Kamis, 10 November 2022 | 17:38 WIB
header img
Melihat Kampung Madinah di Jawa Timur, Warganya Berbusana Seperti Orang Arab dan Toko Tutup Saat Azan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Ada kampung mirip kota Madinah di Jawa. Mayoritas perempuan yang tinggal di desa tersebut berbusana abaya hitam dengan cadar seperti warga Arab. Desa tersebut adalah Desa Temboro, yang berada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Tak hanya perempuan, kebanyakan kaum pria di kampung tersebut juga menggunakan thobe atau gamis panjang semata kaki. Jika melihat sejarah kampung temboro, wilayah ini sudah ada sejak 1980an.

Suasana di kampung ini sangat mirip seperti kota suci di Arab Saudi, tak heran jika kampung ini mendapat julukan sebagai Kampung Madinah. Bahkan, aktivitas masyarakat di kampung ini akan menjadi sepi saat azan berkumandang, karena hampir seluruh warganya pergi ke Masjid.

Dikutip dari berbagai sumber, Kampung Madinah memiliki luas wilayah sekitar 517 hektare. Rinciannya, 259 hektare areal persawahan, sisanya merupakan permukiman, ponpes, sekolah, serta pasar dan pertokoan.

Jadi, tak hanya melihat mayoritas warganya berbusana muslim saja, namun banyak juga dijumpai pedagang pakaian muslim. Aktivitas di Kampung Madinah ini pun bukan hanya dijumpai saat bulan Ramadan saja, akan tapi setiap hari.

Meski mayoritas warga Kampung Madinah ini berbusana muslim akan tetapi tidak ada peraturan desa yang mengatur kewajiban berbusana muslim seperti orang Arab.

Lihat juga: https://cirebon.inews.id/read/202117/viral-ada-kampung-belanda-di-indonesia-semua-warganya-cantik-dan-ganteng

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut