get app
inews
Aa Read Next : Viral Pencurian Tali Pocong di Karangsambung Cirebon, Pelaku Nekat Beraksi di Siang Bolong

Misteri Gunung Kawi, Dipercaya Masyarakat Sebagai Tempat Pesugihan

Kamis, 10 November 2022 | 11:18 WIB
header img
Misteri Gunung Kawi, Dipercaya Masyarakat Sebagai Tempat Pesugihan. Foto : Istimewa

JAKARTA,iNewsCirebon.id - Kisah Misteri Gunung Kawi, tempat pesugihan dipercaya untuk bikin kaya 7 turunan, Gunung Kawi sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pesugihan untuk mencari kekayaan lewat jalan pintas, serta ritual mistis lainnya. Spot paling banyak dikunjungi peziarah adalah Pasarean atau pemakaman yang dikeramatkan.

Gunung Kawi merupakan gunung api tidak aktif terletak di Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung Kawi banyak dikaitkan dengan hal-hal mistis dan beragam mitos.

 

Pendopo Gunung Kawi

Dalam perjuangannya melawan Belanda kala itu Pangeran Diponegoro dibantu oleh Kiai Zakaria II alias Eyang Jugo, pria keturunan Tionghoa juga kerabat dari Keraton Kertosuro.

Tertangkapnya Pangeran Diponegoro membuat Eyang Jugo lantas mengembara hingga tiba di Kesamben, Blitar. Masa itu ada sebuah wabah penyakit di desa tersebut, dengan kemampuan Eyang Jugo menyembuhkan penyakit ia kemudian dizinkan untuk tinggal hingga diberi satu lahan sawah yang kemudian ia gunakan untuk mendirikan padepokan sebagai sebuah jalan dakwah.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut