get app
inews
Aa Read Next : Fakta Temuan Gunung Berapi Bawah Laut Terbaru seperti Dikisahkan dalam Al Quran

Gunung Semeru Masuk Dalam 10 Gunung Berapi Paling Aktif di Dunia

Minggu, 05 Desember 2021 | 12:19 WIB
header img
Gunung Semeru ( Foto: Celebrities.id)

3. Gunung Vesuvius di Italia 

Gunung Vesuvius terletak hanya 5,5 mil (9 km) dari kota Napoli, Italia. Kedekatan ini berarti bahwa ini adalah wilayah terpadat dengan gunung berapi aktif di mana pun di dunia. Letusan bencana pada tahun 79 M mengubur kota Pompeii dan Herculaneum di bawah abu dan lava. 

Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi di daratan Eropa yang meletus dalam seratus tahun terakhir. Hari ini, itu dianggap sebagai salah satu gunung berapi paling berbahaya di dunia, karena kedekatannya dengan Napoli dan kecenderungannya terhadap letusan eksplosif yang dahsyat. 

4. Gunung Merapi di Indonesia 

Gunung Merapi diperkirakan telah menghasilkan lebih banyak aliran lava daripada gunung berapi lainnya di dunia. Pada bulan Oktober 2010, kewaspadaan tinggi diberikan kepada warga sekitar dan meminta agar penduduk mengungsi. 

Pada tanggal 25 Oktober 2010 lava mulai meletus dari lereng selatan. Letusan berlanjut sepanjang November, akhirnya menyebabkan kematian sekitar 350 orang dan membuat banyak penduduk di sekitarnya kehilangan tempat tinggal. 

Merapi dikenal sebagai gunung berapi paling aktif di seluruh Indonesia, meletus baru-baru ini pada 2018, dan menyebabkan seringnya evakuasi di wilayah tersebut. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut