get app
inews
Aa Read Next : Berikut 5 Fenomena Alam Mengerikan ketika Kiamat Terjadi

10 Tanda Kiamat dalam Islam, Matahari Terbit dari Utara Bukan Tanda Akhir Zaman

Minggu, 20 Juni 2021 | 14:36 WIB
header img
Para ilmuwan di Universitas Arizona menggagas kubah sebagai tempat penyimpanan jutaan benih, spora, telur dan sperma manusia di Bulan sebagai skenario jika kiamat terjadi. (Foto: ilustrasi/Livescience).

JAKARTA, iNews.id - Hari Kiamat pasti akan terjadi. Namun, kapan terjadinya hari akhir tidak seorang pun dapat mengetahuinya termasuk para nabi. Hanya Allah lah yang mengetahui-Nya. Belakangan ini, masyarakat dihebohkan dengan fenomena matahari terbit dari Utara di wilayah Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Sebagian masyarakat kemudian mengaitkan fenomena itu dengan tanda dekatnya kiamat.

BMKG Sedih Dihubungkan dengan Kiamat Berkaitan dengan hari kiamat, Rasulullah SAW memberikan bocoran tanda-tanda terjadinya hari pembalasan itu. Dalam Tafsir Ibnu Katsir surat Ad Dukhan menerangkan bahwa Rasulullah Saw bersabda:

 "لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَرَوْا عَشْرَ آيَاتٍ: طُلُوعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا، وَالدُّخَانُ، وَالدَّابَّةُ، وَخُرُوجُ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ، وَخُرُوجُ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ، وَالدَّجَّالُ، وَثَلَاثَةُ خُسُوفٍ: خَسْفٌ بِالْمُشْرِقِ، وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ، وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ، وَنَارٌ تَخْرُجُ مِنْ قَعْرِ عَدَنَ تَسُوقُ النَّاسَ -أَوْ: تَحْشُرُ النَّاسَ-: تَبِيتُ مَعَهُمْ حَيْثُ بَاتُوا وَتَقِيلُ مَعَهُمْ حَيْثُ قَالُوا"

Artinya: Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum kalian melihat sepuluh tanda (yang mengawalinya), yaitu terbitnya matahari dari arah barat, Dukhan (kabut), Dabbah (binatang melata), keluarnya ya-juj dan Ma-juj, munculnya Isa putra Maryam dan Dajjal: terjadinya tiga kali gempa hebat, satu kali gempa di timur, satu kali gempa di Barat, dan satu kali lagi gempa di Jazirah Arabia; dan munculnya api dari daerah pedalaman Adn yang menggiring manusia —atau menghimpunkan manusia— api itu ikut menginap bersama mereka di tempat mereka menginap, dan ikut istirahat bersama mereka di tempat mereka

 

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut