get app
inews
Aa Read Next : 5 Daerah Penghasil Wanita Sholehah di Indonesia, Cocok Buat Nyari Istri

Ini 5 Arti Mimpi Buang Air Besar Menurut Ajaran Islam

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 16:45 WIB
header img
Ini 5 arti mimpi buang air besar menurut ajaran Islam. (Foto: Istimewa)

3. Infakkan Harta Haram 

Imam Abu Bakar al-Hanafi al-Ihsa’i juga menafsirkan mimpi orang buang air besar di suatu tempat yang dikenal itu pertanda ia akan menginfakkan hartanya berdasarkan hawa nafsu. Bila mimpi buang air besar di tempat yang tidak dikenal, itu pertanda ia akan menginfakkan harta yang haram. 

2. Mengalami Kerugian 

Orang yang mimpi buang air besar juga bisa jadi pertanda akan mengalami kerugian dalam usahanya. Jika yang bermimpi itu sedang dalam keadaan bepergian, ia akan mengalami keadaan buruk, yaitu ada orang jahat yang akan membegalnya. 

1. Mengalami Ketakutan 

Orang yang mimpi buang besar bisa ditafsirkan sedang mengalami ketakutan karena penguasa atau atasannya yang menekan. 

Mimpi yang dapat dijadikan pijakan adalah mimpi yang betul-betul berasal dari petunjuk Allah SWT, sebagaimana dijelaskan dalam Alquran, Surat Yunus ayat 64. Allah SWT berfirman:

لَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ 

Artinya: Bagi mereka berita gembira dalam kehidupan dunia dan di akhirat” (QS Yunus: 64).

Makna berita gembira dalam ayat tersebut adalah mimpi baik yang dialami oleh seorang Muslim. Dalam salah satu Hadits, makna ayat di atas dijelaskan: 

هِيَ الرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ، يَرَاهَا الْمُسْلِمُ، أَوْ تُرَى لَهُ 

“Yang dimaksud kegembiraan dalam ayat di atas adalah mimpi yang baik yang terlihat oleh orang Muslim atau yang diperlihatkan padanya” (HR Ibnu Majah). 

Sebaliknya, bila mimpi yang dilihatnya itu tidak baik hendaknya tidak diceritakan ke orang lain dan berlindung kepada Allah dari mimpi buruk tersebut sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut: 

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: {لَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ} قَالَ: "الرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ يُبَشَّرُهَا الْمُؤْمِنُ، هِيَ جُزْءٌ مِنْ تِسْعَةٍ وَأَرْبَعِينَ جُزْءًا مِنَ النُّبُوَّةِ، فَمَنْ رَأَى [ذَلِكَ] فَلْيُخْبِرْ بِهَا، وَمَنْ رَأَى سِوَى ذَلِكَ فَإِنَّمَا هُوَ مِنَ الشَّيْطَانِ ليَحْزُنه، فَلْيَنْفُثْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثًا، وَلِيُكَبِّرْ وَلَا يُخْبِرْ بِهَا أَحَدًا" 

Artinya: Dari Abdullah ibnu Amr, dari Rasulullah Saw. Disebutkan bahwa Rasulullah Saw. membacakan firman-Nya: Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia (Yunus: 64) 

Lalu beliau Saw. bersabda: Mimpi yang baik yang disampaikan kepada seorang mukmin sebagai berita gembira baginya adalah suatu bagian dari empat puluh sembilan bagian dari kenabian. Maka barang siapa yang melihat hal itu dalam mimpinya, hendaklah ia menceritakannya. 

Dan barang siapa yang melihat selain itu, maka sesungguhnya hal itu hanyalah dari setan dengan maksud untuk membuatnya bersedih hati. Untuk itu hendaklah ia meludah ke arah kirinya sebanyak tiga kali seraya bertakbir, dan janganlah ia menceritakan hal itu kepada seorang pun.

Nah, itulah 5 arti mimpi buang air besar menurut ajaran Islam. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca setia iNewsCirebon.id 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut