get app
inews
Aa Read Next : Berikut Deretan Negara dengan Populasi Motor Terbanyak, Apakah Indonesia Termasuk?

Berikut 10 Negara dengan Pengguna Transportasi Terbanyak Dunia, Apakah Indonesia Termasuk

Minggu, 23 Oktober 2022 | 09:29 WIB
header img
10 Negara Dengan Pengguna Transportasi Umum Terbanyak, Apakah Indonesia Termasuk

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Berikut 10 negara dengan pengguna transportasi terbanyak di dunia, ditengah kemajuan jaman Angkutan umum memang menjadi moda transportasi utama di beberapa wilayah di dunia.

Satu wilayah yang sebagian besar penduduknya menggunakan transportasi umum adalah Hong Kong.

Dominasi angkutan umum di suatu negara dipengaruhi oleh biaya kepemilikan kendaraan, efisiensi jaringan transportasi, ketersediaan infrastruktur transportasi, dan serta kebijakan pemerintah setempat. 

Sebagian besar negara dengan pengguna angkutan umum terbanyak ternyata bukanlah negara yang memiliki sistem layanan transportasi maju seperti Jepang atau Inggris.

Berikut ini melansir dari MNC Portal Indonesia Negara dengan dengan penggunaan transportasi umum terbayak didunia dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftarnya:

1.Rusia

Berikutnya, ada Rusia yang menjadi negara dengan pemakai transportasi umum terbanyak di dunia. World Atlas memperkirakan sekitar 57% orang Rusia menggunakan transportasi umum. 

Transportasi umum lebih populer di negara ini karena dianggap lebih murah, cepat, dan memiliki jangkauan luas. Rusia juga memiliki jaringan kereta api, jalan raya, dan jaringan transportasi udara luas.

2. Ukraina

Diperkirakan, 56% penduduk Ukraina adalah pengguna transportasi umum. Transportasi di Ukraina didominasi oleh Marshrutka, yakni semacam minibus.

Ada juga transportasi umum metro tram bawah tanah di Kryvyi Rih. Selain itu, angkutan umum yang lebih nyaman adalah trolley bus atau bus gandeng.

3.Kenya

Kenya adalah salah satu negara termaju di Benua Afrika. Sekitar 63% penduduk negara menggunakan transportasi umum. Dominasi pemakaian angkutan umum di Kenya disebabkan oleh tingginya biaya kepemilikan kendaraan, biaya bahan bakar, dan jalan yang belum berkembang.

Terlebih, Nairobi sebagai ibukota telah mengalami kemacetan yang luar biasa. Jalan raya adalah penunjang moda transportasi umum utama. Sebab, kereta api di negara tersebut belum berkembang. Bus dan angkutan umum sejenis adalah kendaraan yang paling banyak digunakan. 

Pada tahun 2017, negara ini meluncurkan layanan kereta api modern pertama untuk mengurangi kemacetan jalan dan biaya transportasi umum.

4. Filipina

Berikutnya, ada Filipina yang 56% penduduknya juga pengguna transportasi umum. Jeepney adalah angkutan umum paling populer di Filipina.

Bahkan, kendaraan umum Jeepney menjadi simbol budaya di Filipina. Moda angkutan umum lain yang populer di negara kepulauan tersebut adalah sepeda roda tiga bermotor yang khususnya beroperasi di pedesaan. 

Kereta api juga menjadi transportasi umum yang populer di negara bekas jajahan Spanyol itu, terutama di kota metropolitan Manila yang padat.

5. Venezuela

Sekitar 56% masyarakat di Venezuela memakai sarana kendaraan umum sebagai transportasi pilihan. Sama seperti di negara lain, memiliki kendaraan pribadi di negara itu sangatlah mahal, terlebih pajak yang dikenakan pada kendaraan impor.

Meskipun negara ini memiliki harga bensin terendah di dunia yakni USD0,01 per galon, tetapi pendapatan per kapita Venezuela terbilang rendah dan dibarengi angka pengangguran tinggi. Karena itu, tidak banyak orang yang bisa membeli kendaraan pribadi.

6. Korea Selatan

Korea Selatan adalah salah satu negara dengan sistem transportasi terbaik di dunia. Ragam transportasi umum di Negeri Gingseng ini sangat lengkap, aman, dan nyaman.

Karena itu, penggunaan transportasi publik di Korea Selatan mencapai 55 % dari total penduduknya. Salah satu transportasi antarkota yang menjadi favorit adalah kereta api.

7. Turki

Turki juga menjadi negara dengan transportasi umum yang nyaman. Selain itu, tarifnya juga cukup terjangkau. 

Maka tidak heran jika sebagian besar penduduk Turki gemar menggunakan angkutan umum. 54 % dari total warga di Turki lebih memakai transportasi umum.

Beberapa pilihan transportasi umum yang biasa digunakan masyarakat Turki adalah bus, kereta bawah tanah (metro), dan tramvay. Sistem bus Negeri Ottoman ini telah telah terintegrasi dengan jenis transportasi lainnya. 

8. Peru

Sama seperti Turki, sekitar 56% masyarakat di Peru juga memakai transportasi umum. Transportasi umum di Peru lumayan lengkap, mulai dari truk kuno hingga armada udara modern. 

Bus adalah transportasi umum paling banyak digunakan di Peru, terutama untuk jarak jauh. Sementara untuk transportasi udara, ada 4 maskapai lokal yang melayani destinasi domestik.

Minibus adalah moda transportasi yang dikenal memiliki tarif sangat murah. Salah satu angkutan massal unik yang di Peru adalah mototaxi atau dikenal sebagai becak ala Peru.

9. Chile

Transportasi umum di Chile sebagian besar didominasi oleh kendaraan jalur darat. Kereta api secara historis menjadi moda transportasi penting di Chile.

Namun, kereta saat ini memainkan peran yang relatif kecil dalam sistem transportasi negara itu. Karena geografi dan jarak yang jauh antar kota besar, penerbangan juga menjadi sebagai moda transportasi utama di Chile. Bus adalah kendaraan umum yang paling banyak digunakan warga karena lebih ekonomis.

10. Kolombia

Kolombia memiliki sistem transportasi umum darat yang tertata bagus, sehingga banyak warganya menggunakan angkutan umum. Salah satu transportasi publik favorit di ibu kota Bogota adalah Trans Millenium.

Data 2001 menyebutkan, penumpang Trans Millenium di Bogota naik menjadi 2,8 juta per hari setelah sebelumnya hanya 1,5 juta per hari. Kenaikan itu tak lain karena pengelolaan transportasi umum yang dilakukan secara baik.

Bahkan 70% warga di Bogota diklaim menggunakan publik transport untuk beraktivitas. Sejak Trans Millenium beroperasi, penggunaan kendaraan pribadi turun dari 14% menjadi 8% pada 2005.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut