get app
inews
Aa Read Next : Begini Modus dan Kronologi Ayah dan Anak di Cirebon Diduga Kompak Perkosa Gadis 18 Tahun

Meski Belum Ditemukan Kasus Gagal Ginjal Akut, RSD Gunung Jati Cirebon Siap Lakukan Penanganan

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 17:45 WIB
header img
RSD Gunung Jati Cirebon Siap Lakukan Penangan Pasien Penyakit Gagal Ginjal Akut. Foto : iNews Cirebon/ Riant Subekti

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Meski kasus gagal ginjal akut pada anak atau acute kidney injury (AKI) belum ditemukan di wilayah Cirebon, namun demikian untuk kewaspadaan Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati sudah membentuk tim. 

Orang tua juga diminta waspada dan deteksi dini,meski kasus gagal ginjal misterius tersebut belum ditemukan di wilayah Cirebon. 

Dijelaskan, Direktur RSD Gunung Jati Kota Cirebon, dr Katibi, kasus gagal ginjal akut pada anak, sekarang ini memang sedang menjadi concern.

Oleh karenannya RSD Gunung Jati membentuk tim dan salah satu anggota tim tersebut adalah dr Wizhar Samsuri SpPD yang juga konsultan ginjal hipertensi.

" RSD Gunung Jati siap melaksanakan penanganan terhadap kasus gagal ginjal akut pada anak. Tetapi mudah-mudahan tidak ada. Kalaupun ada,tim yang dibentuj sudah siap," ungkap dr. Katibi, Jumat (21/10/2022). 

Menurutnya yang terpenting sekarang ini adalah deteksi dini oleh masyarakat terutama orang tua dan dapat dilakukan dengan mudah, yakni dengan memperhatikan volume urine anak. 

" Jika berkurang, dan di bawah normal perlu untuk segera dibawa ke fasilitas kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," tuturnya.

dr. Katibi menambahkan diwacanakan RSD Gunung Jati nantinya menjadi jejaring rujukan kardiovaskuler, kanker, stroke, saluran kemih dan ginjal.

Hal tersebut sesuai dengan concern kasus saat ini yakni kasus gagal ginjal akut pada anak. Kemudian kasus gagal ginjal juga cenderung cukup banyak setiap tahunnya baik yang menjalani berobat jalan maupun rawat inap.

Sementara itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Wizhar Samsuri menjelaskan, terkait gagal ginjal akut pada anak, RSD Gunung Jati sudah memiliki kesiapan untuk melakukan penanganan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut