get app
inews
Aa Read Next : 3 Crazy Rich asal Majalengka Masuk Nominasi 50 Orang Terkaya di Indonesia

Kisah Inspiratif Pengusaha Basrizal Koto, Pernah Jualan Petai Hingga Dikenal Sebagai Crazy Rich

Rabu, 19 Oktober 2022 | 21:19 WIB
header img
Intip Kisah Inspiratif Pengusaha Basrizal Koto, Dari Jual Petai Hingga Dikenal Crazy Rich. Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Kisah sukses pengusaha asal pariaman, Basrizal Koto menarik untuk diulas, memulai usaha dari nol hingga miliki kerajaan bisnis. 

Basrizal dikenal sebagai crazy rich yang memiliki usaha batu bara, media, percetakan, hingga properti. Dia merantau sejak usia 12 tahun. Berbagai pekerjaan pernah dia jalani, mulai dari kernet oplet, berjualan petai, hingga menjahit. 

Basrizal merupakan anak seorang buruh tani dan putus sekolah. Masa kecilnya bisa dibilang sulit sehingga membuatnya tidak dapat menamatkan sekolah dasar. Ayahnya merupakan buruh tani yang mengolah gabah setiap hari hanya mampu memberi makan satu kali sehari.

Sang Ibu tidak bekerja hingga terkadang harus pinjam beras ke tetangganya agar anak-anaknya bisa makan. Berkat izin sang Ibu, Basko memutuskan untuk putus sekolah saat masih di kelas 5 SD untuk merantau ke Riau.

Meski berhenti sekolah, Basrizal ahli dalam bidang komunikasi. Kisah sukses Basrizal Koto dimulai dari pekerjaan pertamanya untuk menyambung hidup yaitu menjadi kernet angkutan umum karena tidak tamat SD.

Untuk bisa menyewa kontrakan, dia bekerja siang dan malam. Selain kernet, ia juga terkadang mengambil pekerjaan sebagai sopir dan tukang jahit. Basko beralih untuk memulai bisnis dengan berdagang petai.

Di usia muda dia menjadi pedagang kaki lima sampai akhirnya di usia 17 tahun dapat menjual motor. Berkat tekad dan jerih payahnya, dia menjadi pengusaha sukses dan memilih pulang ke kampung halaman untuk menyejahterakan kota kelahirannya itu.

 

Di usia muda dia menjadi pedagang kaki lima sampai akhirnya di usia 17 tahun dapat menjual motor. Berkat tekad dan jerih payahnya, dia menjadi pengusaha sukses dan memilih pulang ke kampung halaman untuk menyejahterakan kota kelahirannya. 

 

Basrizal mendirikan PT Basko Minang Plaza (Basko Grand Mall), PT Cerya Riau Mandiri Printing (CRMP) bisnis percetakan, PT Cerya Zico Utama bisnis properti, PT Bastara Jaya Muda bisnis tambang batu bara.

Tak hanya itu, dia juga mengelola PT Riau Agro Mandiri bisnis ternak, PT Riau Agro Mandiri Perkasa bisnis pengalengan daging, PT Indonesian Mesh Network bisnis TV Kabel, dan Premier Basko Hotel. Semua bisnisnya berada dibawah payung MCB Group.

Bisnis tersebut membawanya menjadi sosok tajir melintir. Hal ini terlihat dari rumah miliknya yang mewah, luas, dengan desain modern. Selain itu, dia mengoleksi motor dan mobil, mulai dari motor Harley Davidson, berbagai mobil mulai dari Mini Cooper, Lamborghini, Aston Martin, hingga Jeep Rubicon.

Itu tadi ulasan kisah sukses Basrizal Koto yang berawal dari penjual petai hingga kini jadi pengusaha. Semoga kisahnya mengisnpirasi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut