get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pria Lulusan S1 Pilih Jadi Petani, Kini Sukses Berkat Jualan Cacing

4 Keturunan Indonesia yang Menjadi Pejabat Penting di Luar Negeri, Nomer 1 Orang Banyumas

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 09:36 WIB
header img
4 Pejabat Negara Asing Masih Punya Keturunan Indonesia. Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Berikut orang sukses di luar negeri yang masih keturunan Indonesia. Bukan hanya sukses, mereka juga menjadi pejabat penting di pemerintahan.

Melansir dari SINDOnews.com, Jumat (14/10/2022), berikut 4 pejabat negara asing yang masih keturunan Indonesia.

1. Raymond Sapoen

Calon presiden Suriname pada tahun 2015. Raymond Sapoen adalah hakim dan politikus Suriname dan sempat menghebohkan jagat Media sosial. 

Raymond adalah pria keturunan Jawa yang terlahir pada 25 Oktober 1967.

Suriname sendiri adalah negara di Amerika Selatan bekas jajahan Belanda yang para pekerja dari suku Jawa telah tinggal di sana sejak abad ke-19.

Dilansir dari BBC, Raymond mengatakan kakek buyutnya kemungkinan berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Keluarganya diketahui melakukan imigrasi pada 1928 ke Paramaribo sebagai warga Hindia Belanda yang dikirim pemerintah kolonial Belanda untuk bekerja di Suriname.

2. Tun Aji Yusof Bin Ishak

Sapaan akrabnya Encik Yusof bin Ishak menjadi presiden pertama Singapura, ia berdarah keturunan Minangkabau dan Melayu.

Encik Yusof lahir pada tahun 12 Agustus 1901 di Padang Gajah, Malaysia. Ayahnya berasal dari Sumatera Barat, sementara ibunya orang Langkat, Sumatera Utara.

Semasa tinggal dan tumbuh besar di Malaysia, Encik Yusof berperan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Malaysia. Pada 1965, Encik Yusof diangkat menjadi presiden pertama Singapura usai Malaysia dan Singapura memisahkan diri. Beliau meninggal di tahun 1970 akibat serangan jantung.

3. Justin Trudeau

Diketahui Justin Trudeau masih mempunyai garis keturunan Indonesia dari sang Ibu. Nenek buyut Justin, Cornelia Louisa Indvelt, lahir di Padang, Sumatera Barat, pada tahun 1808.

Justin Trudeau adalah Perdana Menteri Kanada sejak April 2013. Pria ini lahir pada 25 Desember 1971 di Ottawa dan merupakan anak sulung dari perdana menteri sebelumnya, Joseph Trudeau dan Margaret Sinclair.

4. Ahmad Zahid Hamidi

Ahmad Zahid Hamidi termasuk pejabat luar negeri keturunan Indonesia, dia adalah politisi senior Partai Barisan Nasional ( UMNO) sekaligus Menteri Pertahanan Malaysia

Beliau lahir pada 4 Januari 1953 di Kampung Sungai Nipah Darat, Bagan Datoh, Perak Malaysia. Sang ayah berasal dari Kulon Progo, Yogyakarta, sementara ibunya orang Ponorogo, Jawa Timur.

Karier Zahid di dunia politik bisa dibilang sangat cemerlang. Sebelum menjabat sebagai politisi senior, Ahmad Zahid adalah mantan Perdana Menteri pada periode 2015-2018, Menteri Dalam Negeri pada periode 2013-2018, dan pernah juga menduduki posisi sebagai Menteri Pertahanan hingga tahun 2013.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut