Logo Network
Network

Warna BBM Pertalite Berbeda dan Lebih Boros, Ini Keterangan Pertamina

Riant Subekti/Net Cirebon
.
Senin, 26 September 2022 | 10:39 WIB
Warna BBM Pertalite Berbeda dan Lebih Boros, Ini Keterangan Pertamina
Warna Pertalite Berbeda dan Lebih Boros, Berikut Penjelasan Pertamina ( Foto : Istimewa)

CIREBON, iNewsCirebon.id - Sebuah unggahan foto membandingkan warna pertalite baru dan lama di media sosial Facebook menjadi Viral.

Dalam nggahannya, pengguna Facebook melampirkan foto perbedaan Pertalite didalam sebuah botol bekas air mineral yang satu berwarna hijau pekat, sedangkan satu lagi hijau muda. 

Foto tersebut dinarasikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Masih dari unggahan tersebut juga disebutkan bahwa BBM tersebut saat ini makin boros.

Mengutip dari MNC Portal, PT Pertamina (Persero) langsung menanggapi viralnya poto tersebut dengan membantah warna yang terdapat pada Pertalite menyebabkan keborosan penggunaan BBM jenis tersebut. Bantahan itu untuk meluruskan kabar hoaks yang beredar belakangan ini tentang perbedaan warna Pertalite lama dan baru.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan, perbedaan warna pada BBM tidak ada kaitannya dengan boros atau tidaknya penggunaan BBM. 

"Warna yang diberikan pada BBM hanya untuk pembeda, tidak ada kaitannya dengan boros tidaknya dalam penggunaan BBM," ujar Irto dalam keterangannya, Senin (26/9/2022).

Irto pun memastikan, Pertamina tidak mengubah kualitas Pertalite yang merupakan BBM jenis RON90. Menurutnya, Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini