Logo Network
Network

Masyarakat Mundu Mesigit Gelar Upacara Mapag Sri Guna Jaga Adat dan Tradisi

Riant Subekti/Net Cirebon
.
Sabtu, 24 September 2022 | 13:13 WIB
Masyarakat Mundu Mesigit Gelar Upacara Mapag Sri Guna Jaga Adat dan Tradisi
Masyarakat Mundu Mesigit Cirebon Masih Lestarikan Adat Mapag Sri, Sebelum Masa Panen Tiba ( Foto : Riant Subekti)

Ritual Mapag Sri yang dilakukan petani dengan cara petani mengambil ratusan tangkai padi di satu petak sawah yang kondisi tanamannya cukup bagus. Sebelum padi dipetik petani terlebih dulu membuat sesajen berupa tumpeng yang dibagian atasnya terdapat telur ayam kampung, bubur manis dan asin, aneka kue serta minuman berupa air kopi, bajigur dan kelapa muda. Ketika sesajen di simpan petani terlebih dulu membaca ritual memohon agar hasil panen banyak dan membawa berkah. Setelah ritual selesai, kemudian ditandu oleh beberapa orang warga secara bergantian dan menuju tempat masyarakat berkumpul untuk makan bersama.

Di tempat yang sama Camat Mundu, Anwar Sadat saat menghadiri acara mapag sri mengatakan, mengapresiasi lapisan masyarakat dan pemerintah Desa yang sudah menjaga tradisi tersebut,tradisi yang telah dilakukan warga Mundu Mesigit, harus terus pertahankan sebagai nilai budaya dan tradisi peninggalan nenek moyang kita. Karena syukuran Mapag Sri sebuah budaya yang harus tetap lestari. Bahkan tradisi mapag sri ini bisa menjadi sebuah destinasi wisata lokal maupun manca negara, karena mungkin di tempat lain tidak dilakukan, kalaupun dilakukan caranya berbeda-beda.

“ Sebab, bila kita selalu bersyukur kepada Allah SWT, maka Alhamdulillah, hasil tanam dan panen sangat baik,” ungkap Camat H Anwar Sadat.

Sementara itu kegiatan Mapag Sri tersebut diisi dengan acara keagamaan dan hiburan tradisional masyarakat Kabupaten Cirebon.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini